STRATEGI REBRANDING BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SUMARMO OLEH HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN BOYOLALI DALAM MEMBANGUN IMAGE

OKTOVIAN GLADYS , DWINTA SHAKTI (2011) STRATEGI REBRANDING BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SUMARMO OLEH HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN BOYOLALI DALAM MEMBANGUN IMAGE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] PDF
Restricted to Registered users only until 15 November 2012.

Download (16Kb)

    Abstract

    Keberadaan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo yang dahulu lebih dikenal dengan keberadaan kota Solo kini telah berganti. Bandara yang sebetulnya berada si wilayah kabupaten Boyolali tersebut telah diresmikan sebagai fasilitas di Kabupaten Boyolali. Peresmian tersebut telah disetujui oleh pemerintah pusat dengan surat keputusan dari Menteri Perhubungan. Pemerintah Kabupaten Boyolali merasa harus melakukan strategi rebranding sebagai tindak lanjut akan hal tersebut. Humas pemerintah kabupaten Boyolali memiliki peran penting dalam mesosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang bandara tersebut menjadi Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo Boyolali. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan data yang berbentuk tulisan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai hasil penelitian sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan situasi suatu peristiwa dan memberikan data yang berhubungan dengan strategi rebranding yang dijalankan oleh Humas Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam pergantian nama Bandara Adi Sumarmo. Berbagai rancangan pembangunan dalam usaha strategi rebranding telah diusulkan oleh Bupati Kabupaten Boyolali. Dinas-dinas serta para asisten yang bernaung dibawahnya menjalankan strategi tersebut secara sistematis dan terkait. Saluran komunikasi keluar maupun kedalam selalu dijaga oleh Humas Pemerintah kabupaten Boyolali guna memperlancar usaha strategi rebranding tersebut. Berbagai kendala juga dirasakan oleh pemerintah dan Humas dalam menjalankan strategi ini. Seperti faktor anggaran dan kurang kooperatif dari pihak pengelola bandara. Berbagai pandangan dari publik ekternal menjadi salah satu sorotam dalam penelitian ini, karena sebuah pembentukan image sebuah brand dari sebuah lembaga atau perusahaan ditentukan oleh keberhasilan perancangan dan pelaksanaan strategi yang dijalankan sehingga dapat mempengaruhi opini publik atau masyarakat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 28 Nov 2011 10:35
    Last Modified: 28 Nov 2011 10:35
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1011

    Actions (login required)

    View Item