APLIKASI E-CRM PADA PERUSAHAAN KONSULTAN DESAIN INTERIOR (Studi Kasus di CV. EXPOSIF Yogyakarta)

MASRUM, MASRUM (2011) APLIKASI E-CRM PADA PERUSAHAAN KONSULTAN DESAIN INTERIOR (Studi Kasus di CV. EXPOSIF Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi pada abad ke-21 sangat pesat, salah satu contoh dari perkembangan teknolgi informasi ini adalah internet. Masyarakat mulai terbiasa menggunakan internet dalam kehidupan setiap hari. Di sisi lain rumah merupakan suatu kebutuhan pokok dari manusia, masyarakat mulai melihat rumah bukan hanya sekedar tempat tinggal, karena itu keindahan interior rumah sudah merupakan sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya penghuninya serta memunculkan sebuah kesan yang indah dan kenyamanan di dalam rumah itu sendiri. Yang sering menjadi permasalahan bagi konsultan adalah bagaimana mengetahui keinginan konsumen dan menjaga agar hubungan antara konsumen dengan perusahaan dapat terjalin dengan baik. Untuk itu dikenalkan sebuah sistem yang bernama sistem Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) . CRM adalah strategi bisnis yang tidak hanya meningkatkan volume transaksi, tetapi meningkatkan keuntungan pendapatan dan kepuasan konsumen. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemprograman PHP dengan software pendukung yaitu Macromedia Dreamweaver dan MySQL untuk perancangan database. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hal yang mendasari pemilihan metode ini karena dilakukan secara berurutan dalam menyusun perancangan dan implementasi sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi e-CRM, yang berbentuk sebuah website yang memiliki beberapa menu yang tidak dimiliki oleh website sejenis lainnya. Website ini juga memiliki kelengkapan informasi yang cukup sehingga pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan adanya perancangan aplikasi e-CRM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan kepada pelanggan yang saat ini masih terbatas, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan dan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 24 Oct 2011 06:02
Last Modified: 18 May 2015 03:04
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item