SOLE, ANDRI YUREDMON (2011) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN DAN DEWAN KOMISARIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
PDF
Restricted to Registered users only until 31 December 2012. Download (7kB) |
Abstract
Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris Sebagai Variabel Moderating. Pengungkapan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR), merupakan wacana yang sedang mengemuka di dunia perusahaan multinational. Wacana ini digunakan oleh perusahaan dalam rangka mengambil peran menghadapi perekonomian menuju pasar bebas. Perkembangan pasar bebas yang telah membentuk ikatan-ikatan ekonomi dunia dengan terbentuknya AFTA, APEC dan sebagainya, telah mendorong perusahaan dari berbagai penjuru dunia untuk secara bersama melaksanakan aktivitasnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris sebagai variabel moderating dalam hubungan antara Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada investor tentang Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan, sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menganalisa dan menentukan pilihan investasi yang tepat sehingga dapat mengoptimalkan return yang diharapkan serta meminimalkan risiko yang dihadapi. Hasi penelitian ini menujukan Corporate Social Responsibility (CSR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Moderasi Corporate Social Responsibility (CSR) dengan ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi bagi pihak yang berkepentingan khususnya: pemerintah, Bapepam, dan IAI dalam merumuskan kebijakan, peraturan dan standar yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan-perusahaan di Indonesia. Selain itu bagi perusahaan, hendaknya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pengungkapan karena tingkat pengungkapan pertanggung jawaban sosial pada perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan dan berdampak pada kepemilikan saham perusahaan oleh investor. Brdasarkan hasil Penelitian ini membuktikan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan berpengaruh pada nilai perusahaan, sehingga dapat membirikan saran agar sebaiknya perusahaan untuk melakukan pengungkapan sebesar-besar atas laporan tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat luas, karena hal ini dapat meningkatkan kepemilikan saham perusahaan oleh investor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 04:41 |
Last Modified: | 27 Apr 2015 03:17 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |