Hafsah, Hafsah and Rustamaji, Heru and Yulia, Inayati (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DI SMU DENGAN LOGIKA FUZZY. Telematika (28). ISSN 1979-2328
![]()
| PDF (Tugas Kusus) - Draft Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (204Kb) | Preview |
Abstract
Salah satu peran SPK dibidang pendidikan yaitu pada proses pengambilan keputusan untuk pemilihan jurusan siswa di SMU, yang sifatnya dapat membantu pengambil keputusan dalam memberikan alternatif– alternatif putusan jurusan yang tepat bagi siswa, dimana hasil keputusan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan. Untuk mendukung hal tersebut diatas maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan dukungan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa di SMU. Proses penentuan jurusan ini dengan cara mempertimbangkan kemampuan, bakat dan minat siswa terhadap suatu jurusan, dengan menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzy berfungsi melakukan pemrosesan terhadap faktor kepastian dan ketidakpastian. Secara umum logika fuzzy dapat menangani faktor ketidakpastian secara baik sehingga dapat diimplementasikan pada proses pengambilan keputusan. Model logika fuzzy bekerja dengan menggunakan derajat keanggotaan dari sebuah nilai, kemudian digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan, berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan. Sistem pendukung keputusan penjurusan siswa SMU ini dibangun dengan menggunakan Borland Delphi version 7.0 dan Microsoft Access 2003 sebagai databasenya, sehingga diharapkan dapat memberikan keputusan yang tepat dengan hasil yang terbaik dalam proses penentuan suatu jurusan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Kontributor Telematika 1 |
Date Deposited: | 21 May 2011 17:51 |
Last Modified: | 21 May 2011 17:51 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |