PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA KONSUMEN CV.CARITAS JAYA ) YOGYAKARTA

MUHAMMAD GURUH, PRABOWO (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA KONSUMEN CV.CARITAS JAYA ) YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (6Kb) | Preview

    Abstract

    Kemajuan ekonomi global membawa dampak peningkatan persaingan pada perusahaan manufaktur maupun jasa, sehingga mau tidak mau perusahaan tersebut harus lebih memperhatikan kualitas jasa atau layanan yang mereka jual. Penyampaian layanan yang yang berkualitas dewasa ini dianggap sebagai suatu strategi yang efektif agar perusahaan sukses dan dapat bertahan. Kualitas memberikan dorongan khusus bagi konsumen untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan konsumen serta kebutuhan mereka. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan konsumen, dimana perusahaan menperbaiki pengalaman yang kurang menyenangkan mengenai kualitas pelayanan yangg dirasakan konsumen. Kualitas pelayanan jasa yang diberikan harus menjadi perhatian utama agar loyalitas tetap terjaga sehingga dapat menimbulkan kepuasan. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat perusahaan jasa wisata dan biro perjalanan yaitu CV CARITAS JAYA yang bergerak dalam bidang jasa wisata perjalanan tour/, baik darat maupun udara denagn sistem kerjasama dengan armada bus pariwisata dan penyewaan mobil serta melayani paket haji dan umroh. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi sederhana dan moderating. Dilakukan di Yogyakarta dengan objek penelitian pada CV. CARITAS JAYA. Data yang terkumpul 100 responden dari kuisoiner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Caritas Jaya di Yogyakarta ( regresi sederhana ) serta menunjukan bahwa secara parsial variabel interaksi antara kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada konsumen caritas jaya di Yogyakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 02 Nov 2011 09:48
    Last Modified: 02 Nov 2011 09:48
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1250

    Actions (login required)

    View Item