EVALUASI STRATEGI PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENARIK WISATAWAN MELALUI TRADISI KLANGENAN

RAMADANI, Anwari (2011) EVALUASI STRATEGI PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENARIK WISATAWAN MELALUI TRADISI KLANGENAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (3146Kb) | Preview

    Abstract

    Potensi budaya menjadi daya tarik bagi berkembangnya pariwisata di Kota Yogyakarta. Kebudayaan Jogja dengan berbagai tradisinya memberi warna yang berbeda pada masyarakat Yogyakarta. Kelestarian budaya ini perlu untuk dikembangkan. Penulis memilih Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yogyakarta sebagai lokasi penelitian. Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan melalui Tradisi Klangenan. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Metode ini digunakan karena penulis ingin mengetahui bagaimana evaluasi strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan melalui Tradisi Klangenan dan mengetahui apa saja faktor yang menghambat serta mendukung strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan melalui Tradisi Klangenan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep strategi Public Relations dan dihubungkan dengan teknik analisis SWOT dan Teori Relationship Management untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan melalui Tradisi Klangenan. Semua data tersebut sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik validitas data triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil bahwa Selama ini, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Yogyakarta tidak memiliki strategi khusus untuk mempromosikan Tradisi Klangenan dalam rangka menarik wisatawan, namun hanya sekedar melanjutkan hal-hal yang sudah dilakukan pada pentas sebelumnya, mulai dari Tradisi Klangenan masih bernama Pentas Reguler.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 01 Nov 2011 12:21
    Last Modified: 01 Nov 2011 12:21
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1293

    Actions (login required)

    View Item