ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG MAKNA PESAN IKLAN A MILD GELAR DULU, KERJA DULU PADA MEDIA TELEVISI

POERWIDYANTORO, Candra Tri (2011) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG MAKNA PESAN IKLAN A MILD GELAR DULU, KERJA DULU PADA MEDIA TELEVISI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (25Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (31Kb) | Preview

      Abstract

      Iklan A Mild versi Gelar Dulu, Kerja Dulu produksi PT. HM. SAMPOERNA merupakan iklan produk yang menggambarkan secara garis besar mengenai kepeduliannya terhadap bangsa Indonesia. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui makna pesan ditinjau dari simbol-simbol yang digunakan untuk menyampaikan pesan iklan A Mild versi Gelar Dulu, Kerja Dulu yang ditayangkan pada media televisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian interpretatif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika yang didasarkan pada pandangan Ferdinand De Saussure. Semiotika adalah analisis yang mengkaji peran tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Objek penelitian yaitu iklan A Mild versi Gelar Dulu, Kerja Dulu pada media televisi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan analisis teks media, wawancara dan study kepustakaan. Validitas data yang digunakan adalah sembilan formula. Sembilan formula digunakan untuk memperkuat penafsiran. Teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada iklan A Mild versi Gelar Dulu, Kerja Dulu merupakan iklan simbolik yang memiliki makna tertentu. Interpretasi iklan ini terbagi menjadi lima (5) scene. Makna secara keseluruhan dalam iklan A Mild versi Gelar Dulu, Kerja Dulu adalah sebuah bentuk motivasi kepada masyarakat untuk membangun sebuah lapangan pekerjaan sendiri, tanpa harus tergantung dengan dunia pekerjaan lain, serta sebuah penanaman image yang mengungkap identitas perusahaan secara garis besar, hingga hubungannya dengan konteks sosial. Iklan ini terlihat banyak menggunakan simbol-simbol berupa semangat, motivasi dan kreatifitas yang tinggi, keseluruhan simbol sosial tersebut menggambarkan corporate identity dari PT. HM. SAMPOERNA melalui produknya A Mild sebagai produk lokal dengan rasa nasionalisme yang melekat erat dan sebagai salah satu perusahaan rokok (PT. HM. SAMPOERNA) terbesar yang dimiliki Indonesia.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: 300 Ilmu Sosial
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
      Depositing User: Ratna Sufiatin
      Date Deposited: 01 Nov 2011 12:19
      Last Modified: 01 Nov 2011 12:19
      URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1299

      Actions (login required)

      View Item