ANALISA STRATEGI INTERNAL RELATIONS DI AJB BUMIPUTERA 1912 DALAM SOSIALISASI BUDAYA PERUSAHAAN DI KALANGAN KARYAWAN BARU

Pradita, Dinda (2011) ANALISA STRATEGI INTERNAL RELATIONS DI AJB BUMIPUTERA 1912 DALAM SOSIALISASI BUDAYA PERUSAHAAN DI KALANGAN KARYAWAN BARU. Other thesis, UPN "Vetean" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (14Kb) | Preview

    Abstract

    Budaya perusahaan adalah seperangkat asumsi yang dibangun dan dianut bersama organisasi sebagai moral dalam beradaptasi dengan lingkungan eksternal dan proses integrasi internal. Megingat pentingnya budaya perusahaan bagi karyawan, maka dilakukan sosialisasi budaya perusahaan di kalangan karyawan. Penelitian ini berjudul “Analisa Strategi Internal relations Di AJB Bumiputera 1912 dalam Sosialisasi Budaya Perusahaan di Kalangan Karyawan”. Dalam sosialisasi budaya perusahaan tentu perlu strategi-strategi jitu agar pesan yang disampaikan dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan AJB Bumiputera 1912. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur budaya perusahaan AJB Bumiputera1912, mengidentifikasi strategi-strategi sosialisasi budaya perusahaan AJB Bumiputera 1912 di kalangan karyawan, dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi oleh AJB Bumiputera 1912. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, pemeliti dapat mengetahui bagaimana strategi internal relations di AJB Bumiputera 1912 Yogyakarta dalam sosialisasi budaya perusahaan di kalangan karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan observasi pasif. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan rangkaian analisis data berupa reduksi data, sajian data, hingga penarikan kesimpulan dan keabsahan data dikembangkan melalui triangulasi sumber. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, unsur-unsur budaya perusahaan yang dimiliki oleh AJB Bumiputera adalah jiwa kejuangan, pantang menyerah, berpijak pada budaya bangsa, kebersamaan, kekeluargaan, dan berpihak pada rakyat banyak dalam rangka mensejahterakan kehidupannya. Nilai-nilai budaya ini disosialisasikan oleh AJB Bumiputera 1912 di kalangan karyawan agar sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan. Sosialisasi budaya perusahaan ini dilakukan melalui ritus dan ritual seperti rapat-rapat, acara penghargaan bagi karyawan berprestasi, dll. namun ada beberapa media seperti intranet dan majalah internal yang seharusnya sangat efektif sebagai alat sosialisasi budaya perusahaan di kalangan karyawan,tidak digunakan semaksimal mungkin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah selain beberapa alat sosialisasi yang tidak digunakan dengan maksimal, AJB Bumiputera 1912 juga mengalami beberapa kendala dalam sosialisasi, yang dibagi menjadi dua resistensi individualyaitu latar belakang yang berbeda-beda yang dimiliki oleh para karyawan, misalnya bahasa,waktu penyesuaian diri yng berbeda-beda, faktor umur. Resistensi organisasional yaitu pergantian pimpinan terkadang terlalau cepat, AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan yang kental dengan budaya jawa yang cenderung low profile, padahal perusahaan asuransi seharusnya high profile.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Sarimin Sarimin
    Date Deposited: 01 Nov 2011 14:35
    Last Modified: 01 Nov 2011 14:35
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1449

    Actions (login required)

    View Item