Istianah, Wiwin Annissa
(2011)
ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT
ANTARA HASIL SIMULASI TALPAC PARAMETER 2008
DAN PARAMETER 2002 DENGAN DATA AKTUAL
DI LAPANGAN PADA PIT TONGOLOKA
DI PT. NEWMONT NUSA TENGGARA.
Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Abstract
Kondisi jalur pengangkutan yang ada di PT. Newmont Nusa Tenggara sudah sangat
menunjang aktivitas pengangkutan dengan lebar jalan angkut pada jalur lurus sebesar 29 m dan
kemiringan jalan maksimal yang ada sebesar 11 %. Penjadwalan alat yang telah ada sudah cukup baik
dengan nilai rata-rata kesediaan mekanis sebesar 85 % dan nilai rata-rata penggunaan efektif sebesar
80 %, hal ini mengindikasikan bahwa waktu perbaikan alat angkut yang relatif kecil dan pemakaian
alat angkut pada operasi pengangkutan cukup baik dan efisien.
Kegiatan perencanaan kebutuhan jumlah alat angkut (Haul Truck Caterpilar793C) di PT
Newmont Nusa Tenggara menggunakan program TALPAC (Truck And Loader Productivity Analysis
And Costing). Penggunaan program tersebut ditujukan di dalam perencanaan jumlah kebutuhan alat
angkut secara cepat dan tepat. Untuk mengetahui apakah perhitungan dengan program TALPAC telah
tepat dengan kondisi aktualnya, maka dilakukan analisis perbandingan produktivitas alat angkut antara
kondisi aktual di lapangan dengan produktivitas alat angkut hasil dari program TALPAC.
Tingkat produktivitas aktual ala angkut sebesar 196.965 ton/bulan, sedangkan tingkat
produktivitas alat angkut hasil program TALPAC dengan input parameter kecepatan tahun 2002
adalah sebesar 219.300 ton/bulan. Perbedaan tingkat produktivitas keduanya disebabkan oleh adanya
perbedaan waktu edar (cycle time) alat angkut antara kondisi aktualnya dengan hasil program
TALPAC.
Dilakukan analisis terhadap data input parameter kecepatan untuk program TALPAC dimana
melalui pendekatan berdasarkan kecepatan aktual alat angkut yang dibedakan atas musim hujan dan
musim kering yang sebelumnya pada parameter kecepatan tahun 2002 belum dilakukan. Dengan input
parameter kecepatan yang sesuai dengan kondisi actual pada tahun 2008 didapatkan tingkat
produktivitas alat angkut sebesar 206.205 ton/bulan. Ini menunjukan bahwa tingkat produktivitas alat
angkut hasil program TALPAC dengan input parameter yang baru lebih mendekati produktivitas alat
angkut dengan kondisi aktualnya.
Berdasarkan analisis tersebut, maka untuk mendapatkan suatu perencanaan
jumlah kebutuhan alat angkut yang baik dengan menggunakan program TALPAC
sebaiknya input parameter yang ada untuk selalu diperbaharui dan disesuaikan
dengan kondisi aktual pada saat itu, sehingga nantinya diharapkan jumlah alat angkut
yang direncanakan mendekati dengan kondisi aktualnya. Parameter kecepatan
dibedakan atas kondisi musim hujan dan musim kering karena perbedaan musim
sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas alat angkut pada system tambang
terbuka.
Actions (login required)
 |
View Item |