WULANDARI, DWI (2011) PENGARUH TERPAAN IKLAN SABUN PENCUCI PIRING SUNLIGHT DENGAN ENDORSER “SAHRUL GUNAWAN” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Konsumen Ibu-ibu PKK Kelurahan Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Abstract
Munculnya beragam produk di pasaran membuat para produsen berlombalomba merebut perhatian konsumen. Cara produsen merebut perhatian konsumen antara lain dengan menginformasikan dan menawarkan produk mereka agar menjadi pemenang dalam pasar persaingan. Iklan merupakan salah satu cara berpromosi yang banyak dipilih oleh produsen. Iklan hadir dalam rangka memenangkan persaingan menghadapi dominasi pesaing dalam memperebutkan konsumen. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: “Adakah pengaruh signifikan terpaan iklan sabun pencuci piring Sunlight dengan endorser Sahrul Gunawan terhadap keputusan pembelian di kalangan Ibu-ibu PKK kelurahan Baturetno kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul?”. Penelitian ini menggunakan teori Jarum Hipodermik dan teori perilaku konsumen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan melaksanakan penelitian dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu-ibu PKK kelurahan Baturetno kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul, dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Pengujian validitasnya menggunakan uji-t dan uji determinasi. Hasil penelitian menyatakan hipotesis diterima karena nilai t signifikansi p < 0,05 (0,000 < 0,05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel terpaan iklan sabun pencuci piring Sunlight dengan endorser Sahrul Gunawan terhadap variabel keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa rangsangan berupa iklan sabun pencuci piring Sunlight yang diberikan kepada komunikan (dalam penelitian ini adalah Ibu-ibu PKK Kelurahan Baturetno) menghasilkan sebuah respon berupa keputusan pembelian. Pengaruh antara terpaan iklan dan keputusan pembelian tersebut adalah pengaruh positif (berbanding lurus/searah). Maksudnya adalah apabila terjadi peningkatan terhadap terpaan iklan sabun pencuci piring Sunlight dengan endorser Sahrul Gunawan, maka keputusan pembelian juga akan meningkat. Kata kunci: terpaan iklan, endorser, keputusan pembelian
Actions (login required)