STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERKUAT POSITIONING PRODUK MAKANAN KECIL BAKPIA DJAVA DI KOTA YOGYAKARTA

Widowati, Cecilia (2011) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERKUAT POSITIONING PRODUK MAKANAN KECIL BAKPIA DJAVA DI KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (53Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Public Relation Dalam Memperkuat Positioning Produk Makanan Kecil Bakpia Djava Di Kota Yogyakarta”. Bakpia Djava Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan makanan bakpia khas Yogyakarta yang mempunyai konsep penggabungan antara unsur makanan oleh-oleh dan budaya khas Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relation dalam memperkuat positioning produk makanan kecil bakpia djava di Kota Yogyakarta, dimana hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat diusaha makanan bakpia di Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggembangkan konsep-konsep, menghimpun fakta, tetapi penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis (anggapan sementara) berdasarkan teori-teori tertentu. Pada penelitian ini data diperoleh melalui wawancara dan observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Strategi yang digunakan oleh Marketing Public Relations Bakpia Djava Yogyakarta untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah strategi ditujukan ke dalam perusahaan strategi yang ditujukan ke dalam perusahaan bertujuan untuk memperkuat pola kerja yang bagus sehingga terjalin hubungan dan iklim kerja yang kondusif. Strategi yang ditujukan ke luar perusahaan bertujuan untuk membuat image yang baik di masyarakat, dan untuk menarik minat konsumen terhadap produk yang ada yaitu dengan menggunakan pendekatan personal, membangun jalinan yang baik dengan media, menggunakan alat-alat pendukung pemasaran yaitu brosur, spanduk, leflet, untuk menumbuhkan citra yang baik atau citra positif dengan kegiatan sosial. Strategi yang digunakan Marketing Public Relations Bakpia Djava Yogyakarta sudah efektif, yang dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah konsumen dan langganan yang terus bertambah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Muji Isambina
    Date Deposited: 04 Nov 2011 09:15
    Last Modified: 04 Nov 2011 09:15
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1533

    Actions (login required)

    View Item