PENGARUH DAYA TARIK ENDORSER (SHERINA) DALAM IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SIMPATI (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2010 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta

Triawan, Deddy (2011) PENGARUH DAYA TARIK ENDORSER (SHERINA) DALAM IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SIMPATI (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2010 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (2481Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini iklan sebagai sarana promosi dipandang sebagai sumber informasi, hiburan dan media komunikasi bisnis yang efektif dan ampuh, salah satu sarana yang diduga karena adanya penggunaan pembawa pesan iklan (endorser). Sesuai dengan perumusan masalah, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh daya tarik endorser (Sherina) dalam iklan terhadap brand image produk simpati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta tahun 2010 yang berjumlah 319 mahasiswa dan pernah menyaksikan/mengetahui iklan Produk Simpati. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling (penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian), penarikan sampel yang dilakukan oleh peneliti didasarkan atas Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta tahun 2010 yang berjumlah 319 mahasiswa dan pernah menyaksikan/mengetahui iklan Produk Simpati. Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 77 mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Data penelitian ini merupakan data primer, yaitu merupakan data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui kuesioner. Untuk menganalisis pengaruh daya tarik endorser (Sherina) dalam iklan terhadap brand image produk simpati digunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mempunyai penilaian yang tinggi pada daya tarik endorser (Sherina) dan brand image produk simpati. Dengan menggunakan tingkat signifikan sebesar = 5% diperoleh nilai thitung sebesar 5,414. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yang ditentukan yaitu sebesar 1,9921 atau (5,414 > 1,9921), maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara daya tarik endorser (Sherina) dalam iklan terhadap brand image produk simpati Kata Kunci : Daya tarik, Endorser, dan Brand Image

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Muji Isambina
    Date Deposited: 04 Nov 2011 09:30
    Last Modified: 04 Nov 2011 09:30
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1536

    Actions (login required)

    View Item