ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG SIMBOL SIMBOL KEBUDAYAAN DAERAH DALAM IKLAN INDOMIE DI MEDIA TELEVISI ( Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi Selera Nusantara )

NURHASAN, Jastisi Filardhi (2011) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG SIMBOL SIMBOL KEBUDAYAAN DAERAH DALAM IKLAN INDOMIE DI MEDIA TELEVISI ( Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi Selera Nusantara ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (44Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini berjudul “ Analisis Semiotika tentang Simbol Simbol kebudayaan daerah Dalam Iklan Indomie di Media Televisi Versi Indomie Selera Nusantara” penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan pada iklan yang digunakan sebagai promosi dari perusahaan PT. INDOFOOD. Peneliti memilih dari salah satu iklan Indomie yaitu versi Selera Nusantara karna sebagai sarana berpromosi produk, iklan ini juga bisa memberi pesan tentang kerukunan antar suku ras dan budaya yang berbeda. Iklan ini juga didukung dengan perspektif pengambilan gambar tiap scene yang kuat dan sarat makna. Penelitian ini melihat bagaimana makna pesan tentang simbol-simbol budaya dalam iklan Indomie versi selera Nusantara di media televisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui makna pesan tentang simbol-simbol budaya dalam iklan Indomie versi Selera Nusantara. Peneliti mencoba mengungkap pesan melalui symbol-simbol atau tanda yang ingin disampaikan pembuat iklan Indomie versi Selera Nusantara metode yang digunakan adalah analisis semiotika, studi analisis semiotika berisi tentang pemaknaan berbagai macam symbol yang tersembunyi dalam iklan Indomie versi Selera Nusantara yang sulit dimengerti jika hanya dilihat sekilas. Semiotika yang sering disebut analisis semiologi merupakan salah satu cara, teknik atau metode untuk menganalisis dan menginterpretasikan teks dalam hubungannya dengan segala bentuk lambang atau gambar yang terkandung dalam media masa., dalam penelitian ini model yang digunakan adalah Roland Bhartes. Dimana ia menganalisis berdasarkan system denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indomie mengangkat tema yang sangat menarik yaitu tentang keanekaragaman budaya, symbol-simbol budaya yang digunakan pada iklan ini untuk mempertegas keberadaan Indomie yang sudah menyebar ke seleruh Indonesia serta Indomie memberikan pesan pada masyarakat tentang pentingnya menjaga kerukunan antar suku budaya ras dan agama yang berbeda dan yang terakhir kampanye iklan Indomie yang menegaskan bahwa Indomie adalah selera nusantara yang disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: 300 Ilmu Sosial
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
      Depositing User: Ratna Sufiatin
      Date Deposited: 03 Nov 2011 15:29
      Last Modified: 03 Nov 2011 15:29
      URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1537

      Actions (login required)

      View Item