STRATEGI PERANCANGAN CITY BRANDING VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012 OLEH PEMERINTAH NTB

Nusantara, Indra Kusuma (2011) STRATEGI PERANCANGAN CITY BRANDING VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012 OLEH PEMERINTAH NTB. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (27Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan Pemerintah Provinsi NTB yang menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan kedua setelah pertanian. Hal ini mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB melakukan langkah terobosan dengan mencanangkan Visit Lombok Sumbawa 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan dan isi perencanaan program City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku-perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 dianalisis berdasarkan model SOSTAC + 3Ms planning system. Elemen-elemen dalam perancangan komunikasi ini yaitu: Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control, ditambah dengan Men, Money, dan Minutes. Hasil dari perancangan ini adalah Situasi, Dari kajian SWOT, Disbudpar NTB telah mengevaluasi beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimilikinya. Objective, adapun tujuan dari program perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 di bagi menjadi dua bagian yang pertama adalah tujuan perancangan, dan tujuan komunikasi. Strategi, Disbudpar NTB melakukan kampanye promosi yang cenderung kepada mempromosikan destinasi dan pencitraan pariwisata NTB atau dengan kata lain promosi image. Taktik, pemanfaatan media baik itu media elektronik maupun cetak merupakan langkah yang dilakukan Disbupar NTB dalam proses perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012. Aksi/Implementasi, Sebagai implementasi dari strategi dan taktik yang ditetapkan, program komunikasi City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 yang dirancang Disbudpar NTB dalam jangka waktu mulai dari tahun 2010 sampai pada puncaknya yaitu tahun 2012. Kontrol, Kontrol dan evaluasi terhadap program komunikasi Visit Lombok Sumbawa 2012 yang akan dilakukan oleh Disbudpar NTB atas tujuan yang telah ditetapkan belum dilaksanakan dengan detail dan menyeluruh karena keberhasilan pencapaian program hanya diukur melalui indikator meningkatnya arus kunjungan wisatawan. Sumber Daya Manusia, Merupakan rincian dari organisasi yang menjalankan program komunikasi ini. Dana, Disbudpar NTB mendapat alokasi dana melalui APBD Provinsi NTB dalam bentuk Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung. Batasan Waktu, City Branding Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 direncanakan dengan matang melalui empat fase. fase pertama yaitu tahun 2009 merupakan fase formulasi VLS 2012 dengan program launching atau peluncuran secara resmi program ini. Fase kedua pada tahun 2010 yang merupakan fase konsolidasi antara kabupaten dan kota yang akan bersama-sama membangun dan menata destinasi wisata berikut sumber daya manusianya. Fase berikutnya pada tahun 2011 ini adalah fase promosi dengan menetapkan calendar event dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB. Dan terakhir adalah fase tahun 2012 yang adalah tahun puncak dan merupakan aktualisasi dalam mencapai kunjungan satu juta wisatawan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Bambang Eko Sunaryo
    Date Deposited: 03 Nov 2011 14:20
    Last Modified: 03 Nov 2011 14:20
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1538

    Actions (login required)

    View Item