PENGARUH KREDIBILITAS CUSTOMER SERVICE LONDON BEAUTY CENTRE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Kantor Pusat London Beauty Centre Yogyakarta)

Ni Made Herma Kristiana, Chandra (2011) PENGARUH KREDIBILITAS CUSTOMER SERVICE LONDON BEAUTY CENTRE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Kantor Pusat London Beauty Centre Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (1032Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (1032Kb) | Preview

      Abstract

      Klinik kecantikan pada awalnya merupakan tempat perawatan bagi orangorang yang memiliki kesehatan kulit kurang dari kesehatan normal. Seiring dengan perubahan lingkungan dan pergantian budaya di Indonesia, klinik kecantikan kini telah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat. Munculnya berbagai jenis klinik kecantikan di Yogyakarta menyebabkan persaingan di bidang kosmetik semakin ketat. Salah satu klinik kecantikan yang banyak peminatnya adalah London Beauty Centre. Sebagai klinik kecantikan yang telah bertahan selama 13 tahun, London Beauty Centre harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Bentuk lain dari pelayanan jasa yang diberikan London Beauty Centre adalah melalui ”customer service”, yang dapat menjadi jembatan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan. Seorang customer service membutuhkan kredibilitas yang dapat meyakinkan pelanggan sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Kenaikkan jumlah pelanggan London Beauty Centre selama 6 bulan terakhir juga menjadi sebuah fenomena yang menarik. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kredibilitas customer service London Beauty Centre terhadap kepuasan pelanggan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas customer service London Beauty Centre terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R(Stimulus-Organism-Response), teori komunikasi interpersonal dan teori kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitioan kuantitatif dengan metode survai. Populasi penelitian ini dalah pelanggan London Beauty Centre di kantor pusat. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Pengujian validitasnya menggunakan uji t dan koefisien determinan. Hasil penelitian menyatakan, hipotesis diterima karena nilai r dan nilai t signifikansi p <0,05 (0,000<0,05). Artinya ada pengaruh signifikan antara kredibilitas customer service dengan kepuasan pelanggan. Kesimpulannya teori yang diterapkan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa stimulus (komunikasi) yang disampaikan melalui customer service LBC kepada organisme (pelanggan) dapat menghasilkan efek kepuasan pelanggan. Pengaruh antara kredibilitas customer service London Beauty Centre terhadap kepuasan pelanggan adalah pengaruh positif (berbanding lurus/searah). Artinya adalah semakin tinggi (bagus) kredibilitas customer service LBC, maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan. Harapan peneliti untuk penelitian yang akan datang adalah agar peneliti selanjutnya dapat membuktikan dan menganalis lebih jauh mengenai variabel lainnya yang mampu mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan dan bagi London Beauty Centre untuk terus mempertahankan kualitas pelayanan customer service sehingga mampu menciptakan kepuasan pelanggan.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: 600 Teknologi
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
      Depositing User: Eny Suparny
      Date Deposited: 04 Nov 2011 13:49
      Last Modified: 04 Nov 2011 13:49
      URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1553

      Actions (login required)

      View Item