ANALISIS DESKRIPTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD ANAK PRIMA PADA PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Anisah, Unsin Khoirul (2011) ANALISIS DESKRIPTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD ANAK PRIMA PADA PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (848Kb) | Preview

    Abstract

    Komunikasi antarpribadi sangat potensial untuk menjalankan fungsi instrumental sebagai alat untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain, karena melibatkan kelima alat indera untuk mempertinggi daya bujuk pesan yang kita komunikasikan kepada komunikan. Sebagai komunikasi yang paling lengkap dan paling sempurna, komunikasi antarpribadi berperan penting hingga kapanpun, selama manusia masih mempunyai emosi. Kenyataannya komunikasi tatap-muka ini membuat manusia merasa lebih akrab dengan sesamanya, berbeda dengan komunikasi lewat media massa seperti surat kabar, televisi, ataupun lewat teknologi tercanggihpun. Begitupula dalam dunia pendidikan, komunikasi interpersonal sangat tepat dan efektif untuk diterapkan, khususnya pada pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan landasan penting dan pondasi bagi anak untuk melanjutkan hidup di masa mendatang. Pada pendidikan usia dini, yaitu pada saat usia anak 0-5 tahun atau pada usia emas, ditanamkan nilai-nilai awal kehidupan sebagai pegangan di kehidupan yang akan datang. Pada pendidikan dini, anak dipersiapkan untuk menjadi individu yang mandiri, kuat, pemberani dan siap untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang selanjutnya yang lebih tinggi. PAUD Anak Prima melakukan peran sebagai pendidik bagi balita dalam rangka mengoptimalkan usia emas pada anak. Kegiatan pendidikan dilakukan melalui komunikasi interpersonal antara guru dan murid untuk lebih mendalami karakter masing-masing. Komunikasi interpersonal yang diterapkan di PAUD Anak Prima terbukti efektif dalam merangsang kecerdasan balita. Dengan komunikasi interpersonal antara guru dan murid dapat menciptakan interaksi yang sinergis dan suasana belajar yang nyaman bagi murid. Kenyamanan belajar akan berpengaruh pada prestasi siswa dan menggali potensi balita. Dengan komunikasi interpersonal, PAUD Anak Prima membentuk karakter anak didik menjadi pribadi yang cerdas, aktif, pemberani, berprestasi dan percaya diri. Penerapan metode pendidikan PAUD Anak Prima berhasil melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang unggul dari yang lain. Dengan demikian, balita telah dipersiapkan untuk menjalani kehidupan yang akan datang dan menuju ke jenjang pendidikan selanjutnya dengan berbekal kecerdasan dan kreatifitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 04 Nov 2011 13:45
    Last Modified: 04 Nov 2011 13:45
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1557

    Actions (login required)

    View Item