ANALISIS ISI IKLAN PENGOBATAN ALTERNATIF ( Studi Analisis Iklan Pengobatan Alternatif pada SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat Periode April -Juni 2011 )

HANDAYANI, Andri Susi (2011) ANALISIS ISI IKLAN PENGOBATAN ALTERNATIF ( Studi Analisis Iklan Pengobatan Alternatif pada SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat Periode April -Juni 2011 ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (67Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini membehas tentang iklan pengobatan alternative di SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat. SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat adalah surat kabar yang terbit secara harian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Iklan jenis in dirasakan oleh para pengiklanan adalah iklan yang murah untuk mengiklankan produk, sehingga untuk beberapa produk tertentu seperti pengobatan alternatif paling efektif dari segi biaya sehingga oleh para pengiklan dirasa hal yang paling utama. Iklan dirancang sedemikian rupa sehingga menarik dan tujuan khalayak bisa terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan isi iklan yang terkandung dalam iklan pengobatan alternatif di SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat. Metode ya ng digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berjenis Content Analysis (Analisis Isi). Analisis isi adalah teknik penelitian untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara obyektif, sistematis dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, isi komunika si yang dianalisis adalah isi iklan pengobatan alternatif di SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat. Unit analisisnya adalah : Tujuan Iklan, Struktur iklan, Letak Halaman, Penggunaan testimoni, Gaya bahasa, Jenis keahlian, produksi obat, serta penerapa n etika iklan, serta unit kategori Pelanggaran etika iklan.Periode waktu penerbitan SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat selama tiga bulan yaitu bulan April-Juni 2011 Berdasarkan hasil penelitian pada SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat lebih di dominasi oleh iklan dengan tujuan persuasif, penggunaan iklan dengan struktur headline+bodycopy+visualisasi+baseline , sebagian pengobatan alternative menguasai jenis keahlian dalam prakteknya, Sebagian besar iklan yang ada pada kedua media tersebut telah melanggar etika periklanan iklan pengobatan alternatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 08 Nov 2011 11:52
    Last Modified: 08 Nov 2011 11:52
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1567

    Actions (login required)

    View Item