EMPATI DALAM FOTO JURNALISTIK (Studi Analisis Isi Kumpulan Foto Jurnalistik Pada Buku Kilas Balik 2009-2010 Karya Pewarta Foto Antara)

Andreas Fitri, Atmoko (2011) EMPATI DALAM FOTO JURNALISTIK (Studi Analisis Isi Kumpulan Foto Jurnalistik Pada Buku Kilas Balik 2009-2010 Karya Pewarta Foto Antara). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Empati Dalam Foto Jurnalistik” studi analisis isi kumpulan foto jurnalistik pada buku Kilas balik 2009-2010 karya pewarta foto Antara. Foto jurnalistik merupakan salah satu media penyampaian pesan dalam bentuk visual, komunikasi visual ini diharapkan mampu menggantikan peran tulisan atau kata-kata dalam penyampaian pesanya. Fotografi jurnalistik merupakan sebuah karya seni pelaporan peristiwa berbentuk visual yang tidak lepas dari kemampuan tangan individu-individu pelaku foto jurnalistik dalam meramu dan merekam pada setiap peristiwa yang terjadi, sehingga karya foto jurnalistik mampu mempresentasikan peristiwa yang terjadi serta membangun empati bagi setiap penikmatnya . Kumpulan foto jurnalistik pilihan editor sebanyak 220 karya dalam buku Kilas Balik 2009-2010 karya dari 55 pewarta foto Antara yang tersebar keseluruh pelosok negeri. Melalui kumpulan foto jurnalistik dalam buku Kilas balik 2009-2010, penulis ingin mengungkapkan pesan yang terkandung dalam foto serta empati pada foto jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai empati dalam kumpulan foto jurnalistik buku Kilas Balik 2009-2010. Karya foto yang ada dalam buku merupakan gambaran mengenai kehidupan yang di alami bangsa Indonesia selama tahun 2009-2010. Metode yang digunakan untuk mengungkap pesan dari foto-foto yang ada dalam buku Kilas balik 2009-2010 adalah analisis isi, yaitu teknik penelitian untuk memaparkan isi yang ditanyakan secara objektif, sistematis dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh foto jurnalistik dalam buku Kilas balik 2009-2010 sebanyak 220 karya foto. Adapun kategori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komposisi sudut pemotretan, subjek foto, jenis foto, nilai pesan yang ditonjolkan dalam foto, representasi nilai empati pada foto dan nilai empati yang ditonjolkan Hasil penelitian menunjukan bahwa komposisi sudut pemotretan yang mendominasi adalah normal angle yang memperlihatkan subjek yang difoto secara apa adanya. Subjek foto yang mendominasi adalah masyarakat yang menggambarkan segala aktivitas masyarakat dengan lingkunganya. Jenis foto yang mendominasi adalah kategori spot news yang menggambarkan kejadian yang terjadi tanpa terencana atau teragendakan sebelumnya. Nilai pesan empati yang mendominasi adalah kategori sosial, merupakan gambaran segala gejolak sosial yang dialami masyarakat. Representasi nilai empati dalam foto didominasi oleh kategori tekstual yang bertujuan untuk menyampaiakan foto dengan apa adanya tanpa memunculkan multi persepsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 07 Nov 2011 04:07
Last Modified: 29 Apr 2015 06:58
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item