IDEOLOGI KAPITALIS KECANTIKAN DALAM IKLAN POND'S (Analisis Semiotika terhadap Makna Ideologi Kapitalis Kecantikan Iklan Pond's versi Flawless White)

Dibyandaru, Adhit Nur (2011) IDEOLOGI KAPITALIS KECANTIKAN DALAM IKLAN POND'S (Analisis Semiotika terhadap Makna Ideologi Kapitalis Kecantikan Iklan Pond's versi Flawless White). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (40Kb) | Preview

    Abstract

    Wanita sering dijadikan sebagai objek utama sebuah iklan. Dalam iklan Pond’s, wanita digambarkan sebagai sosok seorang yang sempurna ketika memiliki kulit yang putih dan bersih. Disinilah estetika dan kecantikan diformat ulang tanpa ada unsur paksaan, dan bahayanya lagi nilai ini otomatis akan menjadi idealisme baru yang akan masuk kedalam sistem masyarakat. Penelitian ini terdapat 2 rumusan masalah, yaitu : Bagaimana makna tanda dalam Iklan Pond’s versi Flawless White “Cantik : Putih” dan bagaimana makna ideologi kapitalis kecantikan yang terdapat dalam Iklan Pond’s versi Flawless White “Cantik : Putih”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ideologi kapitalis kecantikan yang terdapat dalam iklan Pond’s versi Flawless White dalam mengkontruksi cantik : putih. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan analisis semiotika dari Ferdinand de Saussure. Saussure meletakkan tanda dalam konteks komunikasi dengan melakukan pemilahan antara apa yang disebut sign (tanda), signifier (penanda), signified (petanda), signification (signifikasi). Data yang diperoleh berasal dari data primer maupun data sekunder. Pengumpulkan data diperoleh dari hasil iklan Pond’s versi Flawless tersebut dari wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa iklan Pond’s versi Flawless White yang ditampilkan dalam layar televisi merupakan industri kapitalis yang mampu menanamkan persepsi dan menciptakan image kepada masyarakat bahwa kecantikan, kewibawaan, kesuksesan, kekuasaan, kepintaran seorang wanita adalah diukur dari seberapa putih dan seberapa mulusnya kulit wanita tersebut. Wanita dalam iklan tersebut dikonstruksikan seperti sosok wanita yang sempurna agar menjadi patokan oleh masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 07 Nov 2011 11:18
    Last Modified: 07 Nov 2011 11:18
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1581

    Actions (login required)

    View Item