RE-BRANDING DAN PEMASARAN PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK. (Studi Deskriptif Tentang Strategi Re-branding PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Melalui Komunikasi Pemasaran Untuk Memperbaiki Citra Dan Meningkatkan Penjualan)

Iqbal, Muhammad (2011) RE-BRANDING DAN PEMASARAN PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK. (Studi Deskriptif Tentang Strategi Re-branding PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Melalui Komunikasi Pemasaran Untuk Memperbaiki Citra Dan Meningkatkan Penjualan). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (15Kb) | Preview

    Abstract

    RE-BRANDING PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk. (STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI RE-BRANDING PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk. MELALUI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMPERBAIKI CITRA DAN MENINGKATKAN PENJUALAN) Permasalahan yang menjadi objek penelitian ini adalah; bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran re-branding Garuda Indonesia dalam upaya memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan penjualan jasa pelayanan penerbangan ?, dan Bagaimanakah langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran re-branding Garuda dalam upaya memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan penjualan jasa pelayanan penerbangan ? Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran rebranding Garuda Indonesia dalam upaya memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan penjualan jasa pelayanan penerbangan, dan Untuk mengetahui langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran re-branding Garuda Indonesia dalam upaya memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan penjualan jasa pelayanan penerbangan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teori Kumpulan Aksi yang dikemukakan oleh John Greene pada tahun 1984. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Garuda Indonesia yang sempat mengalami masalah diawal tahun 2000-an telah berupaya mengubah citra. Berbagai upaya telah dilakukan antara lain mengubah logo, mengubah tampilan awak kabin pesawat, mengubah desain eksterior dan interior pesawat, memperbaiki layanan baik teknis maupun non teknis, menambah armada pesawat serta meningkatkan pelayanan. Dalam proses perubahan tersebut, Garuda Indonesia menggali, mengembangkan dan menggunakan pengetahuan akan budaya asli bangsa Indonesia sebagai ikon bagi pelayanan Garuda Indonesia. Hal inilah yang menjadikan Garuda Indonesia memiliki perbedaan dan kekhasan dibandingkan dengan maskapai lain. Untuk mengkomunikasikan perubahan yang telah dilakukan, Garuda Indonesia memiliki strategi komunikasi pemasaran yang jitu agar informasi yang disampaikan tepat sasaran. Dalam melakukan komunikasi pemasaran Garuda Indonesia menggunakan media ATL (above the line) dan BTL (below the line). ATL adalah promosi melalui “media lini atas” seperti iklan di televisi, radio, koran dan majalah. Sedangkan BTL adalah promosi melalui “media lini bawah” seperti spanduk, poster, baliho. Garuda Indonesia juga selalu mengadakan atau mengikuti event-event komersial maupun sosial. Dan tidak lupa selalu mengevaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi strategi komunikasi pemasaran tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 09 Nov 2011 11:51
    Last Modified: 09 Nov 2011 11:51
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1587

    Actions (login required)

    View Item