SAFITRIANJANI, Risa (2011) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERSUASIF PT.TAMAN WISATA CANDI UNTUK MENCAPAI TARGET PENDAPATAN PADA OBJEK WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi persuasif PT. Taman Wisata Candi untuk Mencapai Target Pendapatan pada Objek Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, dengan mengambil latar belakang adanya persaingan maka dibutuhkan strategi untuk dapat memasuki pasar agar perusahaan dapat lebih baik dari perusahaan pesaing, untuk dapat mempertahankan kualitas dari perusahaan, maka perusahaan dituntut untuk tidak hanya mengendalikan mutu atau kualitas pelayanan yang bagus saja. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dengan kepala bidang Humas, Kepala Bidang Pemasaran, staf pengelola objek wisata dan observasi. Data yang diperoleh dijelaskan secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Taman Wisata Candi dalam menjalankan kegiatan komunikasi persuasif menggunakan program promosi aktif dan pasif. Dimana program promosi aktif yang dirangkai dalam “program kegiatan promosi pariwisata candi” berisi delapan kegiatan aktif promosi seperti travel dialog, Exhibition, Converensi Pers, Talk Show, Wisata Wartawan, Gathering dan seminar. Kegiatan yang dijalankan tersebut juga mengandung tiga kegiatan yang saling berkaitan dalam komunikasi pemasaran yaitu promosi, publikasi dan periklanan. Sedangkan kegiatan promosi pasif yang dijalankan ialah dengan pembuatan dan pemanfaatan media tool. Disamping kegiatan promosi, publikasi dan periklanan PT. Taman Wisata Candi juga menjalankan kegiatan pemasaran seperti direct marketing dan penjualan personal yang seluruh kegiatan tersebut termasuk dalam kegiatan promotion mix. PT. Taman Wisata Candi juga menggunakan fasilitas internet sebagai media promosi dan interaksi dengan publik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah jika dilihat dari strategi komunikasi persuasif sudah berjalan dengan baik yaitu dengan menggunakan seluruh konsep dan teori dalam komunikasi pemasaran yaitu promotion mix. Target pendapatan sesungguhnya yang ditetapkan belum dapat tercapai namun pendapatan yang diterima dari tahun 2009-2010 mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa program-program promosi yang dijalankan PT. Taman Wisata Candi sudah cukup efektif karena pandapatan yang diterima pada tahun 2010 mengalami kenaikan. Dilihat dari kemasan wisata yang ditampilkan pun sangat unik dan berbeda dengan produk wisata yang lain yaitu mengedepankan legenda yang sangat sulit ditemukan di objek wisata lain. Pendapatan wisatan candi belum mencapai target yang ditetapkan, hal ini terkait dengan kurangnya optimalisasi potensi objek wisata yang belum tergali dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pariwisata.
Actions (login required)