SKRIPSI ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DITERAPKAN OLEH PLANET POOL CENTRE DALAM MENARIK KONSUMEN

Mrs, Uthami (2011) SKRIPSI ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DITERAPKAN OLEH PLANET POOL CENTRE DALAM MENARIK KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran yang diterapkan oleh Planet Pool Centre dalam menarik konsumen. Saat ini bisnis rumah billiard menjadi salah satu bisnis yang cukup berkembang di Indonesia, khususnya Yogyakarta. Rumah billiard sekarang banyak ditemui di hampir setiap sudut tempat di Yogyakarta. Dengan mengikuti perkembangan zaman, muncul berbagai konsep rumah billiard yang ditawarkan untuk menarik minat khalayak pada umumnya. Maka untuk itu diperlukan suatu strategi agar perusahaan dapat tetap terus berkembang dan mampu menghadapi para pesaingnya. Objek penelitian dari peneliti adalah Planet Pool Centre, perusahaan ini memiliki keunggulan dibandingkan tempat lain dengan mengangkat konsep rumah billiard yang sporty. Konsep sporty yang ditawarkan di implementasikan dengan tersedianya meja billiard yang memiliki kualitas meja standar internasional, display tempat yang ditata dengan maksimal sehingga para pengunjung dapat merasa nyaman berada di Planet Pool Centre. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan manager operasional, supervisor, wakil supervisor, kapten dan pemandu dari Planet Pool Centre. Juga didukung dengan beberapa data dari studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dijelaskan secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Planet Pool Centre dalam menjalankan kegiatan strategi komunikasi pemasaran menggunakan beberapa elemen yang ada dalam promotion mix, yaitu advertising, sales promotion dan “word of mouth” (getok tular). Kegiatan advertising dilakukan dengan memanfaatkan akun facebook sebagai media komunikasi secara langsung dengan khalayaknya, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat lebih komunikatif. Pada tahapan sales promotion, perusahaan menggunakan diskon bagi para member dan juga beberapa paket-paket khusus untuk lebih menarik konsumen. Salah satu paket khusus yang ada yaitu “free for ladies” yang memang paket ini ditujukan agar ada pengunjung wanita yang berminat untuk datang. Selanjutnya pada tahapan “word of mouth” (getok tular), perusahaan menjadikan komunitas billiard yang ada di Yogykarta khusunya, sebagai media promosi mereka. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah jika dilihat dari strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan sudah cukup berjalan dengan baik, yaitu dengan menggunakan konsep dan teori dalam komunikasi pemasaran yaitu promotion mix. Target konsumen yang ingin dicapai juga sudah mengalami peningkatan di setiap tahunnya, hal ini menunjukkan bahwa program-program promosi yang dijalankan Planet Pool Centre sudah cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item