ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN ROKOK AMILD VERSI TULISAN “GO AHEAD” DI MEDIA CETAK (Studi Iklan AMild pada Majalah tempo Edisi 12-18 April 2010)

Hapsari, Miyhos Hardaning (2011) ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN ROKOK AMILD VERSI TULISAN “GO AHEAD” DI MEDIA CETAK (Studi Iklan AMild pada Majalah tempo Edisi 12-18 April 2010). Other thesis, UPN "Vetean" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview

    Abstract

    Beragam iklan di berbagai media dengan bermacam produk yang ditawarkan, salah satunya adalah iklan rokok pada media cetak. Iklan rokok mendapat perhatian khusus di masyarakat, karena rokok merupakan produk sensitif. Hal ini berkaitan dengan adanya peraturan khusus yang dikenakan pada produk tersebut. Perusahaan dan pembuat iklan mau tidak mau keluar dari kebiasaan iklan yang konservatif, dengan menggunakan strategi kreatif tertentu agar iklan rokok tetap dapat diterima di masyarakat. Iklan rokok yang dianalisis dalam penelitian ini adalah iklan rokok A Mild versi "Go Ahead" di Majalah Tempo Edisi 12-18 April 2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika untuk mengetahui pesan yang disampaikan dalam iklan rokok A Mild versi tulisan ”Go Ahead” pada media cetak. Semiotika dari Roland Barthes menjadi pendekatan dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan cara dokumentasi iklan A Mild pada media cetak yang telah terpilih, yaitu Majalah Tempo Edisi 12-18 April 2010. Dari iklan terpilih, peneliti akan menggali lebih dalam makna yang ada, baik makna dengan menggunakan penanda dan petanda baik konotatif maupun denotatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa makna yang ada dalam iklan rokok A Mild versi "Go Ahead" di Majalah Tempo Edisi 12-18 April 2010 ialah: “A Mild adalah rokok legendaris yang dapat memberikan rasa percaya diri, optimisme dalam meraih kesuksesan meski melalui proses yang panjang dan berliku, khususnya bagi kalangan menengah ke atas dan masyarakat terpelajar di lingkungan perkotaan. Merokoklah dengan rokok A Mild.” Melalui pesan iklan ini diharapkan masyarakat luas agar mengikuti jejak A Mild sebagai merek yang sukses dalam menjalankan usaha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Bambang Eko Sunaryo
    Date Deposited: 09 Nov 2011 11:47
    Last Modified: 09 Nov 2011 11:47
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1602

    Actions (login required)

    View Item