PENGARUH PERSEPSI DAN EKUITAS MEREK TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Survai Pengaruh Persepsi Dan Ekuitas Merek Seephylliz Infection Terhadap Perilaku Pembelian Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Prodi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

PUTRA, ANGGA SANTOSA (2011) PENGARUH PERSEPSI DAN EKUITAS MEREK TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Survai Pengaruh Persepsi Dan Ekuitas Merek Seephylliz Infection Terhadap Perilaku Pembelian Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Prodi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (112Kb) | Preview

    Abstract

    Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol, desain, ataupun kombinasinya yang mengidentifikasikan suatu produk, barang/jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Membangun persepsi produk memang dapat dilakukan melalui jalur merek. Merek yang prestisius dapat disebut memiliki brand equity (ekuitas merek) yang kuat. Penelitian dengan judul “Pengaruh Persepsi dan Ekuitas Pada Merek Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen” adalah sebuah penelitian mengenai Pengaruh Persepsi Dan Ekuitas Pada Merek Seephylliz Infection Terhadap Perilaku Pembelian Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Prodi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh yang positif antara persepsi (perhatian dan pemahaman) dan brand association, perceived quality, brand loyality (ekuitas merek) pada nama merek Seephylliz Infection terhadap perilaku pembelian konsumen serta untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya secara bersama sama terhadap perilaku pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswi angkatan 2009 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan prodi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Variabel bebas (X) yang digunakan adalah Persepsi (Perhatian dan Pemahaman), Ekuitas Merek (Asosiasi Merek, Kesan Kualitas, Loyalitas Merek). Variabel terikat (Y) yang digunakan adalah Perilaku Pembelian (Pencarian Informasi, Evaluasi berbagai Alternatif, Keputusan Pembelian, Perilaku Setelah Pembelian. Pada penelitian ini diketahui bahwa dari hasil regresi diketahui nilai thitung Perhatian terhadap Perilaku Membeli konsumen adalah sebesar 1,688 dengan koefisien regresi sebesar 0,338 dan tingkat signifikansi adalah sebesar 0,115 dan dapat diketahui bahwa perhatian berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian. Nilai thitung Pemahaman terhadap Perilaku Membeli konsumen adalah sebesar 1,901 dengan koefisien regresi sebesar 0,297 dan tingkat signifikansi sebesar 0,072 dan dapat diketahui bahwa pemahaman berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian . Nilai thitung Brand Association terhadap Perilaku Membeli konsumen adalah sebesar 2,920 dengan koefisien regresi sebesar 0,351 dan tingkat signifikansi sebesar 0,013 dan dapat diketahui bahwa Brand Association berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian. Nilai thitung Perceived Quality terhadap Perilaku Membeli konsumen adalah sebesar 3,275 dengan koefisien regresi sebesar 0,428 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan dapat diketahui bahwa Perceived Quality berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian. Nilai thitung Brand Loyalty terhadap Perilaku Membeli konsumen adalah sebesar 2,677 dengan koefisien regresi sebesar 0,272 dan tingkat signifikansi sebesar 0,029 dan dapat diketahui bahwa Brand Loyalty berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian. Dengan begitu dapat dijelaskan bahwa konsumen memberikan persepsi dan nilai dari merek yang baik terhadap merek Merek Seephylliz Infection yang baik sehingga dapat mempengaruhi Perilaku Membeli konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Sarimin Sarimin
    Date Deposited: 01 Dec 2011 12:44
    Last Modified: 01 Dec 2011 12:44
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1644

    Actions (login required)

    View Item