STRATEGI BRANDING PUBLIC RELATIONS TVRI STASIUN D.I YOGYAKARTA DALAM MEMPERKUAT IMAGE “nDESO” MELALUI DIFERENSIASI TAYANGAN TVRI

TRIBUANA, DEASY (2011) STRATEGI BRANDING PUBLIC RELATIONS TVRI STASIUN D.I YOGYAKARTA DALAM MEMPERKUAT IMAGE “nDESO” MELALUI DIFERENSIASI TAYANGAN TVRI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (68kB) | Preview

Abstract

Di era televisi multikanal seperti saat ini, semua stasiun televisi swasta berlomba-lomba merebut perhatian masyarakat demi mendapatkan iklan sebanyakbanyaknya. Masyarakat disuguhi tayangan-tayangan impor dengan mengangkat budaya pop yang melupakan nilai-nilai budaya dan estetika masyarakat lokal. Tayangan-tayangan budaya pop tersebut sedikit demi sedikit berpengaruh terhadap eksistensi televisi publik seperti TVRI yang identik dengan tayangan-tayangan lokalnya. Pilihan TVRI untuk tetap menayangkan nilai seni budaya dan tradisi lokal telah menempatkan TVRI pada oposisi binner dengan mainstream televisi swasta yang lebih banyak menayangkan budaya pop. Akibatnya pandangan masyarakat tentang TVRI sebagai televisi Ndeso tidak dapat dihindarkan. Anggapan mengenai TVRI, sebagai televisi Ndeso dianggap menjadi nilai unik yang perlu semakin diperkuat karena dapat mendatangkan keuntungan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas TVRI dalam memperkuatimage nDeso melalui diferensiasi tayangan.Strategi branding yang dilakukan oleh TVRI dalam memperkuat image Ndeso dilakukan dengan melakukan penyerapan aspirasi dari masyarakat mengenai acara TVRI. Penayangan acara dengan muatan materi khas masyarakat pedesaan yang berulang-ulang memberikan efek tertentu di benak masyarakat. Image nDeso yang timbul di masyarakat tidaklah melalui serangkaian strategi tertentu, melainkan ada dengan sendirinya seiring dengan intensitas TVRI dalam menayangkan materi siaran yang berhubungan dengan pedesaan. Penayangan materi yang bercorak ke-desa-an menunjukkan konsistensi dan keberpihakan dari TVRI terhadap masyarakat pedesaan yang terabaikan oleh televisi swasta, yang lebih elitis, modern dan western. Strategi yang diterapkan oleh HUMAS TVRI yaitu dengan merekomendasikan untu memunculan tokoh ke dalam materi siaran tidak hanya dilakukan pada acara talkshow dan atau program berita, seperti program acara Yogyawarto, Pangkur Jenggleng, dan Ruang Agro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 01 Dec 2011 05:44
Last Modified: 21 Apr 2015 07:09
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item