RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERINGATAN PEMERINTAH TENTANG PEMERINTAH TENTANG BAHAYA MEROKOK

SUSANTA, SUSANTA (2011) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERINGATAN PEMERINTAH TENTANG PEMERINTAH TENTANG BAHAYA MEROKOK. UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (15Kb) | Preview

    Abstract

    Merokok bisa menimbulkan dampak buruk bagi si perokok dan orang-orang di sekitarnya, WHO menyatakan tembakau menjadi penyebab meningkatkan angka kematian sekitar 4%-7,9%. Penerimaan negara dari cukai, ekspor rokok dan tembakau (terutama cerutu) selalu naik dari tahun ke tahun. Tembakau dan industrinya menyerap 6,4 juta tenaga kerja. Keadaan tersebut menyebabakan impelemtasi pengamanan rokok bagi kesehatan menjadi kurang efektif. Pengamanan rokok bagi kesehatan (Pasal 3 PP No 19/2003) meliputi kandungan kadar nikotin dan tar; persyaratan produksi dan penjualan rokok, persyaratan iklan dan promosi rokok, penetapan kawasan tanpa rokok. Hampir keseluruhan ketentuan Pasal 3 PP No 19/2003 tidak terlaksana dengan baik kecuali pencantuman peringatan kesehatan pada setiap label yang berbunyi “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”, Efektifkan pencantuman peringatan dan pengaturan iklan rokok dalam mengurangi jumlah perokok?. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Seberapa besar peringatan kesehatan pada rokok menimbulkan pemaparan (stimuli exposure) pada masyarakat?, Seberapa besar perhatian masyarakat terhadap peringatan kesehatan pada rokok?, Seberapa besar pemahaman masyarakat terhadap peringatan kesehatan pada rokok?, Seberapa besar penerimaan masyarakat terhadap informasi peringatan kesehatan pada rokok?, Seberapa besar peringatan kesehatan pada rokok dapat diingat oleh masyarakat?, Bagaimana respon masyarakat terhadap peringatan kesehatan pada rokok? Penelitian ini merupakan penelitian exploratory atau penelitian penjajakan. Penelitian ini dilakukan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan melibatkan 100 responden dengan tehnik acidental sampling. Untuk mengetahui tingkat pemrosesan informasi peringatan kesehatan pada rokok, dilakukan tabulasi frekwensi sedangkan untuk mengetahui respon konsumen terhadap iklan digunakan metode customer respons strength (CRS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pemrosesan informasi dari mulai pemaparan sampai dengan retensi dengan derajat yang tinggi. Respon masyarakat terhadap peringatan bahaya rokok tinggi. Ada 79,67% responden yang sudah memutuskan berhenti merokok atau memutuskan untuk tidak merokok. Kekuatan pesan memiliki korelasi dengan respon masyarakat terhadap bahaya merokok dengan koefisien korelasi sebesar 45%, namun demikian kontribusi pesan bahaya rokok terhadap perilaku berhenti merokok atau tidak merokok hanya sebesar 20, 2%. Dengan demikian agar efektif pesan bahaya merokok harus dibarengi dengan cara lain. Kata kunci: pemrosesan informasi, kekuatan pesan bahaya rokok, respon masyarakat. SUMMARY Smoke can generate ugly impact for the smoker and people around him, WHO express tobacco become cause improve mortality around 4%-7,9%. Acceptance of state of tax, exporting smoke and tobacco (especially cheroot) always go up from year to year. Tobacco and industry of permeating 6,4 million labour. The situation cause applying of security of cigarette for health become less effective. Security of cigarette for health (Section 3 PP No 19 / 2003) covering nicotine rate content and of tar; clauses of production and sale of cigarette, clauses of cigarette promotion and advertisement, stipulating of area without cigarette. Almost the overall of rule Section 3 PP No 19 / 2003 do not be executed better except coalescence of commemoration of health in each label sounding " smoke can cause cancer, heart attack, impotent, pregnancy trouble and fetus trouble", Does coalescence of commemoration and arrangement of advertisement smoke effective in lessening the amount of smokers?. Statement of this research is; how big does commemoration of health at cigarette generate stimuli exposure at society?, how big does attention of society to commemoration of health at cigarette?, How big does the understanding of society to commemoration of health at cigarette?, how big does acceptance of society to information commemoration of health at cigarette?, how big does commemoration of health at cigarette can be remembered by society?, how does society respond to commemoration of health at cigarette? Type of this research is exploratory research. This research is conducted by Special Region of Yogyakarta entangled 100 responder technically accidental sampling. To know information process storey; level commemoration of health at cigarette, done tabulation of frequency while to know consumer respond to advertisement used by method of customer response of strength ( CRS). Research result indicates that happened information process from stimuli exposure up to retentions with high degree. Society Response to commemoration of cigarette danger is high. There is 79,67% responder which have decided to desist to smoke or decide not to smoke. Strength of message have correlation with society respond to danger smoke with correlation coefficient equal to 45%, but that way contribution order danger smoke to behavior desist to smoke or do not smoke only equal to 20, 2%. Thereby to be effective message of danger smoke has to at the same time by other. Keyword: information process, strength of message of cigarette danger, society response.

    Item Type: Other
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
    Depositing User: Muji Isambina
    Date Deposited: 11 Jan 2012 13:02
    Last Modified: 11 Jan 2012 13:02
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1653

    Actions (login required)

    View Item