Ferdiansyah. M, Yusa (2011) KELENGKAPAN INFORMASI SITUS PADA SITUS PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2009. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Abstract
Sejak era reformasi bergulir di Indonesia, iklan politik mulai memperlihatkan dinamikanya. Salah satu peran iklan dalam politik adalah penggunaannya sebagai media untuk menarik calon pemilih. Banyaknya partai politik yang membuat berbagai macam versi iklan untuk menarik berbagai golongan masyarkat yang dianggap cukup potensial menjadi pemilih aktif dalam pemilu selanjutnya. Media situs internet (website) menjadi salah satu pengembangan media dengan mengandalkan kecanggihan teknologi internet. Media internet dianggap sebagai pengembangan dari media konvesional lainnya. Dari fenomena diatas penelitian ini menelaah secara kritis tentang isi pesan, strategi partai politik dan desain situs-situs partai peserta pemilu 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi partai ditinjau dari kelengkapan informasi di situs peserta pemilu 2009. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode Content Analysis, karena yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai isi pesan yang tampak, sasaran atau tujuan, dan teks atau bahasa yang digunakan, serta banyaknya pelanggaran berdasarkan kategori yang sudah ditetapkan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa isi pesan, sasaran atau tujuan, dan teks atau bahasa yang digunakan dalam website resmi partai politik peserta pemilu 2009, masih banyak kekurangan dan pelanggaran dari kategori yang telah ditetapkan, seperti kemudahan akses, informasi dasar, kontak webmaster atau kontak informasi alamat dari website partai peserta pemilu 2009, fitur dan data caleg dari partai peserta pemilu 2009 tersebut. Untuk mengatasi kekurangan dan pelanggaran yang terdapat pada website partai peserta pemilu 2009 perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai isi pada media situs partai dengan metode analisis isi pada indikator yang berbeda, bagian pengelola situs partai hendaknya lebih memperhatikan kandungan isi sehingga dapat memberikan fungsi maksimal pada pembangunan citra partai, dan partai politik lebih memperhatikan fitur feedback serta fitur download (unduh) sebagai upaya menyampaikan informasi secara bolak-balik antara media dan masyarakat. ABSTRACT Since the reformation era has been rolled in Indonesia, political advertisement begins to show its dynamics. One of the advertisement roles in politic is its use as a media to attract prospective voters. Many of political parties make a various versions of the advertisement in order to attract a variety of community groups which are considered to be enough potential as active voters in subsequent elections. Internet site media (website) becomes one of the development medium by relying on the sophistication of Internet technology. Internet is considered as the development of other conventional media. From the phenomenon above, this study critically examines about the content of messages, political parties’ strategy and the websites design of the political parties contesting the 2009 election. The aim of this study is to determine parties transparency reviewed from the information completeness on the official website of the political parties contesting the 2009 election. This study is a quantitative study using Content Analysis method because the problems which are arose in this study are the apparent of content message, target or objective, and the text or language used, and also the number of violation based on predefined category. From this study, it can be concluded that the message content, target or objective, and the text or language used in the official website of the political parties contesting the 2009 election, there are still many shortcomings and violations of the predefined categories, such as the ease of access, basic information, webmaster contact or information contact of the political parties, features, and candidates data from the political parties. To overcome the shortcomings and violations on the website of the political parties contesting the 2009 election, it needs to be conducted a further research about the content of the political parties’ website using content analysis method on the different indicators, the political parties website admin should pay more attention on the contents so that they can provide maximum function to the political parties’ image-building, political parties should pay more attention to the feedback feature and download feature as an effort to convey information back and forth between media and society.
Actions (login required)