ANALISIS KOMPETENSI DIVISI R 7 D PT X DALAM MELAKUKAN INOVASI PRODUK

Kancana , Sauptika (2003) ANALISIS KOMPETENSI DIVISI R 7 D PT X DALAM MELAKUKAN INOVASI PRODUK. Masters thesis, UPN "VETERAN" YOGAYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (6Kb) | Preview

    Abstract

    SAUPTIKA KANCANA 6900310256 ANALISIS KOMPETENSI DIVISI R&D PT X DALAM MELAKUKAN INOVASI PRODUK xiv + 106halaman + Ztabel + 9 ilustrasi + 10lampiran Daftar Pustaka : 42buku, lartikel, 4 Iain-lain (Tahun 1984 sd. 2001 ) Dekade tahun 1990-an merupakan era baru bagi pengembangan ilmu manajemen stratejik khususnya konsep competence-based competition. Konsep ini berkembang sesuai dengan tuntutan dinamika perubahan interaksi kompetisi yang sedang terjadi saat ini dan di masa mendatang. Meskipun sebenarnya konsep tersebut telah muncul kurang lebih 50 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1957 seorang akademisi Amerika, Philip Selznick memunculkan konsep 'distinctive competence'. Sebagaimana ditulis dalam Fortune 500, diperkirakan 1/3 dari perusahaan yang ada saat ini akan colaps dalam jangka waktu 5 tahun mendatang. Akan tetapi di antara perusahaan tersebut ada juga yang masih tetap bertahan sampai dengan 100 tahun. Perusahaan ini dapat survive bukan karena ukuran dan faktor keberuntungan semata, tetapi karena memilik kapasitas untuk beradaptasi dengan kondisi perubahan lingkungan, yaitu dengan tetap melakukan inovasi secara terns menerus (Choo-Wei-Coo, 1998). Dalam tesis ini penulis memapaparkan analisis kompetensi divisi R&D PT X guna menunjang upaya inovasi. Sebagaimana yang disarankan oleh penulis Barat seperti Igor Anshoff, Kenneth Andrews, bahwa perusahaan perlu melakukan analisa terhadap kekuatan dan kelemahan atas kompetensi yang dimilikinya, yang nantinya dapat digunakan sebagai landasan untuk melakukan formulasi strategi (Campbell & Luchs, 1997). Hal ini penting khususnya untuk melakukan strategi inovasi. Dengan demikian perusahaan akan mampu melakukan gap closing action baik dengan cara mengoptimalisasikan (competence leveraging) kompetensi yang telah dimiliki dan ataupun membangun kompetensi yang baru (competence building).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
    Depositing User: dian praditya
    Date Deposited: 19 Dec 2011 13:57
    Last Modified: 19 Dec 2011 13:57
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1720

    Actions (login required)

    View Item