PENGARUH LOKASI, LAYOUT DAN ATMOSFIR TERHADAP RESPON EMOSIONAL DAN PERILAKU KONSUMEN DI HAPPY PUPPY SETURAN YOGYAKARTA

Safarudin, Dedy (2012) PENGARUH LOKASI, LAYOUT DAN ATMOSFIR TERHADAP RESPON EMOSIONAL DAN PERILAKU KONSUMEN DI HAPPY PUPPY SETURAN YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    Pada beberapa dekade yang lalu tempat karaoke hanya tersedia di klub malam dan hotel-hotel berbintang. Karena terkesan eksklusif dan berhubungan dengan dunia malam, karaoke di Indonesia kadang dianggap sebagai hobi yang kurang baik. Namun, beberapa tahun terakhir karaoke semakin disukai oleh segala kalangan, hingga disadari bahwa tempat karaoke yang bebas dari alkohol dan hal-hal negatif lainnya sangat representatif sebagai tempat berkumpul dan bernyanyi bersama keluarga beserta orang-orang terdekat. Happy Puppy dari awal pendiriannya membangun konsep “Karaoke Keluarga”. Konsep tersebut didukung oleh lokasi, layout dan atmosfir yang sengaja dipilih untuk menghilangkan stigma karaoke sebagai tempat yang berkonotasi negatif dengan harapan agar konsumen memberikan respon emosional yang positif guna terciptanya tujuan pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari lokasi, layout dan atmosfir terhadap perilaku konsumen Happy Puppy Seturan Yogyakarta, baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan melalui respon emosional konsumen tersebut. Data penelitian diambil dari 130 responden dengan menggunakan metode purposive sampling yang dilakukan di Happy Puppy Seturan Yogyakarta, beralamatkan di Plaza Seturan Blok B Jl. Raya Seturan, Yogyakarta. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan didasarkan pada hasil-hasil yang telah diperoleh pada estimasi kedua model regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa lokasi, layout dan atmosfir secara langsung dan tidak langsung dengan melalui respon emosional, berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Kata kunci: Lokasi, layout, atmosfir, respon emosional, perilaku konsumen, analisis jalur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 26 Jan 2012 15:16
    Last Modified: 26 Jan 2012 15:16
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/1888

    Actions (login required)

    View Item