Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak

Suryadi, Edy (2010) Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 8 (3). pp. 263-279. ISSN 1693-3029

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi) - Published Version
Download (2358Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract The objective of the research is to study the influence of the communication between child and parents in the family and teachers, in the school to the students ability of creative thinking. The communication of child with parents and teachers in this research are differend according to three styles of communication: Instructional communication style, participation and delegation communication style. Based on the results of data analysis, it can be obtained the information that: (1) The communication between the child and parents and teachers is very important for the development of creative thinking ability for child. (2) The style of instructional communication developed well by parents and teachers is very effective whenever be adapted to the child who has the lower level of creative thinking ability, but the participation and delegation communication style are not effective, (3) The style of participation communication developed well by parents or teachers is very effective whenever be adapted to the child who has the moderate level of creative thinking ability, but the instructional and delegation communication styles are not effective, (4)The style of delegation communication developed well by parents or teachers is very effective if adapted to the child who has the higher level of creative thinking ability, whereas the instructional and participation communication styles are not effectively. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara anak dan orang tua dalam keluarga dan guru di sekolah dengan kemampuan siswa berpikir kreatif.Komunikasi anak dengan orang tua dan guru dalam penelitian ini adalah berbeda yang didasarkan pada tiga gaya komunikasi, meliputi: gaya komunikasi instruksional, partisipasidan gaya delegasi komunikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh informasi bahwa: (1) komunikasi antara anak dan orang tua dan guru sangat penting untuk pengembangan kemampuan berpikir kreatif untuk anak. (2) Gaya komunikasi instruksional yang dikembangkan baik oleh orang tua dan guru sangat efektifbila disesuaikan dengan anak yang memiliki tingkat yang lebih rendah kemampuan berpikir kreatif, tapi partisipasi dan gaya delegasi komunikasi menjadi tidak efektif, (3)Gaya partisipasi komunikasi terbangun dengan baik oleh orang tua atau guru sangat efektif bila disesuaikan dengan anak yangmemiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif, namun gaya komunikasi instruksional dan delegasi tidak cukup efektif, (4) Gaya komunikasi delegasi dikembangkan dengan baik oleh orang tua atau guru sangat efektif jika disesuaikan dengan anak yang memiliki tingkat lebih tinggi kemampuan berpikir kreatifnya, sedangkan gaya komunikasi instruksional dan partisipasi akan tidak efektif. Kata Kunci: berpikir kreatif, gaya komunikasi, efektif

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: lestari puji
    Date Deposited: 22 Mar 2012 10:15
    Last Modified: 22 Mar 2012 10:15
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2148

    Actions (login required)

    View Item