FAKTOR PENENTU DAN KOMPARASI KINERJA PADA GURU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DAN RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL DI KABUPATEN SLEMAN

SETIYANA, SETIYANA (2012) FAKTOR PENENTU DAN KOMPARASI KINERJA PADA GURU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DAN RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL DI KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (64Kb) | Preview

    Abstract

    Penurunan Indek Pembangunan Manusia Indonesia dan Indek pembangunan Pendidikan Indonesia merupakan masalah serius. Berbagai kebijakan pemerintah sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan diantaranya adalah mengeluarkan Peraturan Pemerintah tentang standar sekolah. Peran guru sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya guru harus memiliki kompetensi, motivasi, dan lingkungan kerja yang akan menentukan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, (2) menguji dan menganalisis perbedaan kinerja guru pada RSMABI dan SSN. Jenis penelitian ini adalah penelitian surve dengan menggunakan kuisioner. Sampel diambil 97 guru pada RSMABI dan SSN di Wilayah Kabupaten Sleman. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja guru, motivasi berpengaruh negatif terhadap kinerja guru, lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Variabel kompetensi, motivasi, dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi, motivasi, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 62,1%. Kinerja guru RSMABI tidak berbeda dengan kinerja guru SSN. Kata kunci : kompetensi, motivasi, lingkungan kerja, kinerja guru

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 13 Feb 2012 12:42
    Last Modified: 13 Feb 2012 12:42
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2244

    Actions (login required)

    View Item