MANAJEMEN GRID UNTUK RENDER ANIMASI 3 DIMENSI

Arthur, Mourits Rumagit and Moch., Hariadi (2011) MANAJEMEN GRID UNTUK RENDER ANIMASI 3 DIMENSI. Telematika (2). ISSN 1979-2328

[img]
Preview
PDF (Tigas Kusus) - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah utama dalam melakukan proses render yaitu waktu yang dihasilkan oleh CPU untuk melakukan rendering. Untuk mengatasi masalah tersebut dikemukakannya grid computing dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai suatu rendering farm. Grid computing adalah pemanfaatan sumber daya atau penggabungan resource-resource yang terpisah secara aman dan mudah sehingga tecipta suatu lingkungan komputasi yang besar. Rendering farm adalah sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersama sama untuk melakukan proses render. Dibutuhkan suatu tools untuk melakukan proses parallel rendering. Yadra akan sangat efektif bila digunakan untuk merender suatu animasi, sebab yadra bekerja dengan cara memecah dan mendistribusikan frame dari file animasi kepada setiap komputer. Dalam penelitian ini yadra akan di implementasikan pada sistem grid yang telah ada di Jurusan Teknik Elektro ITS.

    Item Type: Article
    Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
    600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
    Depositing User: Kontributor Telematika 1
    Date Deposited: 29 May 2011 10:27
    Last Modified: 29 May 2011 10:27
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/225

    Actions (login required)

    View Item