METODE DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KESETIAAN KONSUMEN TERHADAP MEREK KENDARAAN BERMOTOR ( BRAND LOYALTY) DAN POLA KECELAKAAN LALU LINTAS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PRABOWO, AGUS SASMITO (2012) METODE DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KESETIAAN KONSUMEN TERHADAP MEREK KENDARAAN BERMOTOR ( BRAND LOYALTY) DAN POLA KECELAKAAN LALU LINTAS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, ILMU KOMPUTER.

[img]
Preview
PDF
Download (54Kb) | Preview

    Abstract

    INTISARI METODE DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KESETIAAN KONSUMEN TERHADAP MEREK KENDARAAN BERMOTOR ( BRAND LOYALTY) DAN POLA KECELAKAAN LALU LINTAS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh Agus Sasmito Prabowo 08/275129/PPA/02645 Data penjualan kendaraan bermotor dan data kecelakaan dapat diolah menjadi informasi yang penting bagi dealer penjual kendaraan bermotor maupon bagi kepolisian. Bentu informasi penting yang diteliti adalah tingkat kesetiaan konsumen terhadap merek dan memprediksi merek kendaraan bermotor yang akan dibeli oleh seorang konsumen. Penelitian juga melakukan analisa terhadap data kecelakaan untuk meneliti adakah keterkaitan antara terjadinya suatu kecelakaan dengan merek kendaraan tertentu. Penelitian menerapkan metode data mining rule based classification untuk membentuk rule-rule penjualan kendaraan bermotor sehingga dapat dipakai untuk mengklasifikasikan konsumen ke dalam kelompok tingkatan loyalitas merek dan dapat dipakai juga untuk memperkirakan merek kendaraan berikutnya yang akan dibeli. Penelitian akan memproses data kecelakaan lalu lintas menggunakan metode data mining yaitu teknik apriori untuk melihat pola kecelakaan berdasarkan merek, jenis kendaraan, dan warna kendaraan. Hasil proses ini digunakan untuk memperkirakan apakah ada keterkaitan antara kejadian kecelakaan dengan merek tertentu. Hasil penelitian dapat membantu perusahaan atau dealer kendaraan bermotor untuk mendapatkan informasi brand loyalty konsumen terhadap merek kendaraan yang dijualnya dan membantu mempredikasi merek kendaraan berikutnya yang akan dibeli seorang konsumen. Hasil penelitian juga dapat membantu kepolisian untuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara kejadian kecelakaan dengan merek, jenis dan warna kendaraan. Kata kunci : rule basec classification, apriori, brand loyalty, kecelakaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
    Depositing User: Sri Lestari
    Date Deposited: 05 Mar 2012 12:05
    Last Modified: 05 Mar 2012 12:05
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2388

    Actions (login required)

    View Item