Faktor-Faktor yang Memengaruhi Diskrepansi Kepuasan Pembaca

Widiastuti, Tuti and Suharyanti, Suharyanti and Kania, Dessy and M.Putri, Dianingtyas and Sukma Wijaya, Bambang (2011) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Diskrepansi Kepuasan Pembaca. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 9 (2). pp. 193-206. ISSN 1693-3029

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi)
Download (318Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract Everyone has a motive in using the mass media and the media cannot fulfill every one’s satisfaction. Often there is a gap between what a person wants, from the media with what the person is obtained after taking the mass media. In viewof the uses and gratification, a person is selectively uses mass media to maintain the condition of feeling (mood) or a condition of excitement (rousal). It examines the expected gratification (gratification sought/GS) effect on the audience gratification obtained (gratification obtained/GO). The method used is a quantitative method, with purposive sampling of respondents techniques. Data were collected through questionnaires, interviews, and literary study. Path Analysis of test results, that the audience satisfaction at the newspaper directly and indirectly, affected by factors that are expected gratifications (GS), gratification obtained (GO), sociability, peers, the intensity of reading the newspaper, the level of interactivity, the credibility of the source, the education, and socioeconomic levels. Abstrak Setiap orang memiliki motif dalam menggunakan media massa dantidak setiap media dapat memenuhi kepuasan seseorang. Sering terdapat kesenjangan antara apa yang diinginkan seseorang dari media massa dengan apa yang diperoleh orang tersebut setelah mengonsumsi media massa.Dalam pandangan uses and gratification, seseorang secara selektif menggunakan mediamassa untuk mempertahankan atau merubah kondisi perasaan(suasana hati) atau kondisi kegembiraan (rousal).Tulisan ini menguji gratifikasi yang diharapkan (gratificationsought/GS) berpengaruh pada gratifikasi yang diperoleh khalayak (gratificationobtained/GO).Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan responden purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner,wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil uji Path Analysis, bahwa kepuasan khalayak pada surat kabar secara langsung maupun tidak, dipengaruhi oleh faktor gratifikasi yang diharapkan( GS), gratifikasi yang diperoleh(GO), sosiabilitas, teman sebaya, intensitas membaca surat kabar, tingkat interaktivitas, kredibilitas sumber, tingkat pendidikan, dan tingkat sosial ekonomi. Kata kunci: kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: lestari puji
    Date Deposited: 22 Mar 2012 10:18
    Last Modified: 22 Mar 2012 10:18
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2455

    Actions (login required)

    View Item