Komunikasi Politik Dakwah Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilu legislatif 2009

Aminulloh, Akhirul (2010) Komunikasi Politik Dakwah Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilu legislatif 2009. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 8 (1). pp. 26-35. ISSN 1693-3029

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi) - Published Version
Download (156Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract Legislative elections 2009 followed by many political parties which surported to intense competition among political parties in the struggle for the vote. All the strategies, tactics, and methods are used by all political parties to win the election. Therefore, the role of communication and media are very important. This study aims to identify strategies of political communication PKS in legislative elections in 2009. This research was conducted at the PKS Board’s Region of Yogyakarta with qualitative descriptive method and interactive analysis. The results of this study show that PKS election winning strategy formulated in the four stages of action: first, PKS heard; second, PKS invites; third, PKS talk; and fourth, PKS win. In carrying out the fourth stage of the action, the PKS using a strategy of political communication with the approach of interpersonal communication, public communication, and mass communication. The role of political communication strategies applied by the PKS in 2009 impressed the legislative elections less significant impact on the party vote. This is, heavily influenced by various factors, such as the number of money politics were done by other parties and populist government policies such as reduction of fuel oil and direct cash assistance, which wasmore profitable democrat party. So the Democratic votes rose 300 percent in the general election in 2009 than in 2004 elections, otherwise the other major political parties tend to decrease the acquisition of voice and only a relatively slight increase PKS. Abstrak Pemilu legislatif 2009 diikuti oleh banyak partai politik yang memunculkan persaingan ketat antara partai politik dalam perebutan suara. Serangkaian strategi, taktik, dan metode digunakan oleh semua partai politik untuk memenangkan pemilu. Peran komunikasi danmedia sangat penting. Penelitian inibertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi politik komunikasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pemilu legislatiftahun 2009. Penelitian inidilakukan pada Dewan PKS dari Yogyakarta dengan metode deskriptif kualitatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PKS memenangkan pemilihan, strategi dirumuskan dalam empat tahapan yaitu;pertama, PKS mendengar, kedua, PKS mengundang, ketiga, PKS bicara, dan keempat, PKS menang.Dalam melaksanakan empat tahap aksi, PKS menggunakan strategi komunikasi politik dengan pendekatan komunikasi interpersonal, komunikasi publik, dan komunikasi massa. Peran strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh PKS pada tahun 2009 sedikit bedampak signifikan terhadap suara partai. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, seperti jumlah politik uang yang dilakukan oleh pihak lain dan kebijakan populis pemerintah seperti pengurangan bahan bakar minyak dan bantuan langsung tunai, yang lebih menguntungkan Partai Demokrat. Hal tersebut berakibat suara Demokrat naik 300 persen dalampemilihan umum pada tahun 2009 dibandingkan pada Pemilu 2004,meskipun partai politik besar lainnya cenderung mengalami penurunan perolehan suara dan hanya meningkat relatif kecilsepertiPKS. Kata kunci: komunikasi politik, partai politik, dan pemilu

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: lestari puji
    Date Deposited: 22 Mar 2012 10:18
    Last Modified: 22 Mar 2012 10:18
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2497

    Actions (login required)

    View Item