STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS CAFE THE HOUSE OF RAMINTEN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN

DONI , POLIRA (2012) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS CAFE THE HOUSE OF RAMINTEN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. Jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (36Kb) | Preview

    Abstract

    Alasan penulis memilih judul penelitian ini karena saat ini sudah banyak tempat makan yang menawarkan berbagai pelayanan yang memanjakan konsumennya. The House Of Raminten merupakan tempat makan yang mempunyai konsep penggabungan antara unsur tradisional Jawa dan unsur modern, serta unik dan elegan. Berbagai keunikan yang ditawarkan diantaranya adalah menu dan cara penyajian makanan dan minumannya yang tradisional dan modern. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif, dengan Rp 1000,- konsumen bisa menikmati nasi kucing di atas piring yang disajikan secara unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana strategi yang digunakan oleh pihak Marketing Public Relations The House Of Raminten dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, di mana hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat di bidang usaha makanan di Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk mengembangkan konsep-konsep, menghimpun fakta, tetapi penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis berdasarkan teori-teori tertentu. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah, strategi yang dipakai oleh Marketing Public Relations The House Of Raminten menggunakan tiga taktik strategi yaitu Pull Strategy, digunakan untuk memperkenalkan produk-produk The House Of Raminten. Push Strategy, digunakan untuk mendorong dan merangsang peningkatan angka penjualan dengan membuat inovasi baru dalam produk yang ditawarkan. Pass Strategy, yang dilakukan The House Of Raminten adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat partisipasi menjadi sponsorship dan mengadakan event tertentu. Bentuk dan alat kegiatan yang dilakukan oleh The House Of Raminten dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan pendekatan personal, menggunakan alat-alat pendukung komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotion, public relations dan word of mouth. Strategi ini dilakukan dengan mengetahui kebutuhan pasar dan melihat persaingan yang ada dengan tujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan mendapatkan pelanggan yang baru.

    Item Type: Other
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 10 Apr 2012 09:29
    Last Modified: 10 Apr 2012 09:29
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2500

    Actions (login required)

    View Item