STRATEGI PROMOSI PARIWISATA OLEH DINAS PARIWISATA DAN BUDAYA PROVINSI BENGKULU MELALUI FESTIVAL TABOT

HARY, YUSTIAN (2012) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA OLEH DINAS PARIWISATA DAN BUDAYA PROVINSI BENGKULU MELALUI FESTIVAL TABOT. UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (8Kb) | Preview

    Abstract

    Provinsi Bengkulu yang menjadi Daerah Tujuan Wisata ( DTW ) yang mempunyai posisi sangat strategis berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dengan Garis pantai sepanjang 525 km sebagai daerah tujuan wisata dengan ikonnya Pantai. Obyek wisata Bengkulu terdiri dari obyek wisata alam, obyek wisata sejarah / budaya dan obyek wisata minat khusus. Sejak diselenggarakannya Festival Tabot sebagai pesta adat budaya masyarakat Bengkulu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnu) tiap tahunnya mengalami peningkatan. Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas maka timbul permasalahan yang menjadi focus penelitian, sebagai berikut; “Bagaimanakah strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Provinsi Bengkulu melalui Festival Tabot?” Analisis kualitatif yaitu uraian atau penjelasan dimana dalam uraian tersebut tidak diperlukan data yang berwujud angka, analisis kualitatif merupakan penggambaran keadaan dan hasil masalah yang diteliti. Digunakan triangulasi dengan sumber. Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Penelitian ini akan menggunakan data dari beberapa antara lain dari pihak Dinas Pariwisata Bengkulu, masyarakat dan wisatawan sendiri. Berdasarkan hasil pengamatan pemerintah Bengkulu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan melakukan kunjungan wisata di Bengkulu melalui strategi promosi Festival Tabot, melakukan langkah_langkah strategi promosi yang utama yaitu berupa periklanan dengan bentuk baliho, umbul-umbul, dan melalui surat kabar lokal yang berupa iklan pelaksanaan Festival Tabot dan publikasi yang berupa brosur, leaflet, liputan oleh media cetak

    Item Type: Other
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 10 Apr 2012 09:29
    Last Modified: 10 Apr 2012 09:29
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2511

    Actions (login required)

    View Item