SERVICE ORIENTED COMPUTING (SOC) DALAM SISTEM ENTERPRISE

Ahmad, Nurul Fajar (2011) SERVICE ORIENTED COMPUTING (SOC) DALAM SISTEM ENTERPRISE. Seminar Nasional Informatika 2009 (semnasIF 2009), - (1). E-1-E-5. ISSN 1979-2328

[img]
Preview
PDF (Tugas Kusus) - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penggunaan Middleware telah banyak mempengaruhi proses bisnis dan kolaborasi antara pelaku bisnis dalam sistem enterprise. Keterkaitan data dari proses bisnis dalam lingkup unit yang berbeda menjadi hal fundamental untuk dapat menghasilkan informasi yang cepat dan dapat menjadi dasar pengambilan keputusan. Enterprise application integration (EAI) memadukan aplikasi dan sumber data enterprise sehingga dengan mudah mereka dapat berbagai bisnis proses dan data. Cara integrasi yang dilakukan tidak mengubah sistem dan data yang sudah adaKeberagaman platform dan framework serta banyaknya pulau pulau aplikasi maupun pulau-pulau data menjadi permasalahan baru untuk dapat mewujudkan integrasi dan kolaborasi dari masing masing aplikasi atau sistem. Peranan Middleware diarasa penting untuk dapat menjembatani hal tersebut, hal ini disebabkan customer semakin menginginkan pelayanan yang cepat, mudah dan terpercaya. Dalam suatu sistem enterprise, pertukaran dan integrasi data dari platform yang beragam mutlak diperlukan, selain itu perubahan proses bisnis maupun penambahan proses bisnis juga seringkali terjadi dalam memenangkan persaingan. Pemakaian middleware berbasis services diharapakan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut.Kehadiran service oriented computing (SOC) dapat melengkapi arsitektur yang telah ada sebelumnya. Paradigma SOC ini merupakan paradigma pengembangan yang berorientasi pada service. Dengan berorientasi pada service, proses dan logic dapat dijadikan service dan subservice yang nantinya masing masing service akan saling berkomunikasi dan terintegrasi. Hal ini akan mempermudah pengembangan bila ada perubahan proses ataupun adanya penambahan proses nantinya.

Item Type: Article
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Kontributor Telematika 1
Date Deposited: 29 May 2011 03:25
Last Modified: 28 Apr 2015 07:08
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item