HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DENGAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Pengguna Twitter Pada Mahasiswa Angkatan 2009, 2010, dan 2011 Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta)

RADITYA A , CHAMIL (2012) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DENGAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Pengguna Twitter Pada Mahasiswa Angkatan 2009, 2010, dan 2011 Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta). Jurusan Ilmu KOmunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (15Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini berjudul “Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmu komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Alasan pemilihan judul ini karena saat ini situs jejaring sosial twitter sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia khususnya mahasiswa. Mereka menggunakan twitter tidak hanya untuk bersenangsenang saja atau iseng, tetapi juga sebagai media untuk mencari teman baru, berbisnis online, dan juga untuk berkomunikasi. Adapun alasan memilih UPN FISIP “veteran” Yogyakarta karena mahasiswa komunikasi mempelajari dan memperdalam ilmu komunikasi dan otomatis sering melakukan komunikasi interpersonal secara tatap muka maupun melalui media seperti situs jejaring sosial twitter ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana hubungan antar variabel yang ada dijelaskan dengan cara dikuantifikasikan atau diangkakan dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang pokok untuk diteliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 913 Mahasiswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 90 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada 10 indikator, diantaranya frekuensi mengakses twitter, intensitas mengakses twitter, durasi mengakses twitter, ketertarikan mengakses twitter, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kesamaan, dan ketertarikan berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal sebesar 0,001 dan koefisien sebesar 0,331 yang berada pada rentang 0,20 – 0,399. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal dan terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal. Penelitian ini mendukung teori Uses & Gratifications dan juga Computer Mediated Comunication (CMC).

    Item Type: Other
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 04 Apr 2012 09:32
    Last Modified: 04 Apr 2012 09:32
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2645

    Actions (login required)

    View Item