STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENCAPAI TARGET PENJUALAN PRODUK FURNITUR ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran yang Diterapkan oleh CV. JATI MURNI art & antique shop Yogyakarta dalam Mencapai Target Penjualan Furnitur Kayu )

ICHWAN NURROCHMAN, HARDIANTO (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENCAPAI TARGET PENJUALAN PRODUK FURNITUR ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran yang Diterapkan oleh CV. JATI MURNI art & antique shop Yogyakarta dalam Mencapai Target Penjualan Furnitur Kayu ). Jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (17Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang: Strategi komunikasi pemasaran merupakan pedoman yang sangat penting untuk memperkenalkan, memberikan informasi dan memasarkan produk kepada konsumen. Strategi komunikasi pemasaran suatu produk dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan pemasaran untuk memajukan perusahaan. Diperlukan suatu ketelitian dan kejelian dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan terlebih untuk sebuah perusahaan furnitur kayu berskala tidak besar seperti CV. JATI MURNI art & antique shop. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. JATI MURNI art & antique shop. dalam mencapai target penjualan produk furniture. Tujuan penelitian: Mengetahui segmentasi, targeting, positioning dan pesaing dari CV. JATI MURNI art & antique shop., untuk mengetahui perencanaan strategi komunikasi CV. JATI MURNI art & antique shop., untuk mengetahui strategi komunikasi CV. JATI MURNI art & antique shop. dan untuk mengetahui evaluasi, factor pendukung dan factor penghambat strategi komunikasi pemasaran CV. JATI MURNI art & antique shop. Metode: Jenis penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview guide serta observasi lapangan non participant dengan nara sumber yaitu pimpinan perusahaan, Export and Marketing Departement, dan konsumen serta mengumpulkan data-data lain berupa data perusahaan yang diperoleh dari CV. JATI MURNI art & antique shop. Hasil: Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan CV. JATI MURNI art & antique shop hanya melalui pemasaran langsung (dengan cara melakukan penawaran produk kepada konsumen melalui bantuan guide website dan e-mail). Media pemasaran melalui internet untuk mempromosikan produknya karena konsumennya berasal dalam dan dari luar negeri. Media internet sangat efektif dalam proses komunikasi pemasarannya namun komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. JATI MURNI art & antique shop. Kesimpulan: Secara keseluruhan CV. JATI MURNI art & antique shop telah menjalankan strategi komunikasi pemasaran untuk mencapai target penjualannya. Media internet merupakan strategi yang dilakukan untuk mempromosikan produknya kepada konsumen. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menemui beberapa kendala yaitu, masalah budget yang minim serta adanya pesaing dari CV. JATI MURNI art & antique shop. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pengiriman berkala untuk mengatasi budget serta menambah jumlah personil untuk proses produksi sehingga tercipta hasil yang berkualitas. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Target dan Strategi pemasan.

    Item Type: Other
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 10 Apr 2012 09:28
    Last Modified: 10 Apr 2012 09:28
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2656

    Actions (login required)

    View Item