ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SDN Se-KECAMATAN PINANG KOTA TANGERANG PROPINSI BANTEN

Y.B. BAYU , KUSUMA (2012) ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SDN Se-KECAMATAN PINANG KOTA TANGERANG PROPINSI BANTEN. Jurusan Ekonomi Manajemen UPN "Veteran" Yogyakarta .

[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru SDN se-Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Propinsi Banten. (2) Untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru SDN se-Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Propinsi Banten. Penelitian dilakukan pada SDN se-Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Propinsi Banten. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Februari 2012 . Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder dengan jumlah populasi yang diteliti sebanyak 237 guru yang sudah menjadi PNS dari 37 SDN dan sampel diambil menggunakan tabel penentuan sampel (Sugiyono, 2011) dengan taraf toleransi kesalahan sebesar 5% dari seluruh jumlah populasi yaitu berjumlah 142 responden. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji-F, Uji-t dan nilai koefisien β. Hasil analisis Uji Validitas dan reliabilitas menyatakan semua data valid dan reliable dengan alpha cronbach lebih besar dari 0,3 dan 0,6 sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai penelitian dan hasilnya dapat dipercaya. Hasil analisis Deskriptif mayoritas berusia antara 41 s/d 50 tahun yaitu sebanyak 56 orang atau 39,4%. Jenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 83 orang atau 58,5%. Pendidikan Strata-1 sebanyak 101 orang atau 71,1%. Masa Kerja antara 21-30 tahun sebanyak 59 orang atau 41,5%. Hasil Analisis Kuantitatif yaitu Regresi Linier Berganda yaitu self awarreness -0,387; self management 0,142; self motivation 1,099; emphaty -0,140; social skill - 0,132. Uji-F yaitu F = 30,684 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan α = 5% (0,000 < 0,050) atau Ho tidak didukung dan Ha didukung sehingga self awarreness, self management, self motivation, emphaty, social skill mempunyai pengaruh positif secara serentak terhadap kinerja guru. Uji koefisien β yaitu Variabel self motivation mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja guru sebesar 1,099. Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,530 bahwa variabel kecerdasan emosional yang meliputi self awareness, self management, self motivation, emphaty, social skills memberikan kontribusi yang positif terhadap kinerja guru sebesar 53,0% sedangkan sisanya 47,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kecerdasan emosional terbukti berpengaruh terhadap kinerja guru SDN se- Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Propinsi Banten. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kinerja, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Deskriptif, Analisis Kuantitatif (Regresi Linier Berganda, Uji-F, Uji-t dan Nilai koefisien β )

    Item Type: Other
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 19 Apr 2012 09:36
    Last Modified: 19 Apr 2012 09:36
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2753

    Actions (login required)

    View Item