ANALISIS PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM HARIAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE JANUARI 2010 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2010

SENDY, NURANI (2012) ANALISIS PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM HARIAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE JANUARI 2010 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2010. Undergraduate thesis, EKONOMI AKUNTANSI.

[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAKSI NURANI SENDY. Analisis Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Harian di Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2010 sampai dengan Desember 2010. (Dibimbing oleh Drs. SURYO LUHUR WA, MSM dan Drs. AGUNG SATMOKO, ME.). Pasar yang efisien adalah pasar dimana harga semua sekuritas yang diperdagangkan telah mencerminkan semua informasi yang tersedia, baik informasi dimasa lalu maupun informasi yang bersifat pendapat atau opini rasional yang beredar di pasar yang bisa mempengaruhi harga. Teori Pasar Efisien merupakan suatu model ideal untuk menguji kemampuan pasar modal dalam mengolah dan merespon informasi. Dalam prakteknya ada beberapa penyimpangan dari teori pasar efisien tersebut. Penyimpangan terhadap teori pasar efisien sering disebut dengan anomali pasar modal. Anomali pasar tersebut antara lain January effect, size effect, low P/E ratio, serta day of the week effect. Dengan adanya fenomena anomali pasar tersebut maka perlu dilakukan pengujian secara empiris apakah terdapat pengaruh hari perdagangan terhadap return saham dan apakah terdapat perbedaan dalam return saham di Bursa efek Indonesia serta menguji fenomena-fenomena yang berkaitan khususnya fenomena Week four effect yang merupakan bagian dari day of the week patern. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh dari hari perdagangan (day of the week) terhadap retun saham harian di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010; (2) mengetahui dan menganalisis perbedaan dalam rerata return saham pada setiap hari perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010; (3) menguji dan menganalisis efek minggu keempat (Week-four Effect) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010. Penelitian dilakukan pada 50 perusahaan teraktif berdasarkan frekuensi perdagangan selama periode Januari 2010 sampai dengan Desember 2010. Periode pengamatan dimulai pada 4 Januari 2010 sampai 31 Desember 2010. Data yang digunakan adalah data sekunder.Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis Regresi Berganda, Uji Paired Sample t Test dan Uji One Sample t Test. Hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara hari perdagangan (the day of the week) terhadap return harian saham. Hasil analisis Paired Sample t Tets diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan return saham pada setiap hari perdagangan. Hasil analisis One Sample t Test diketahui bahwa terdapat efek minggu keempat (week four effect) return saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 pada hari Senin awal bulan dan tidak terdapat efek minggu keempat (week four effect) return saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 pada hari Senin akhir bulan. Kata kunci: day of the week effect, return saham, week four effect

    Item Type: Thesis (Undergraduate)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Sarimin Sarimin
    Date Deposited: 19 Apr 2012 09:41
    Last Modified: 19 Apr 2012 09:41
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/2786

    Actions (login required)

    View Item