ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA SAING LULUSAN

Pujiastuti, Eny Endah (2012) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA SAING LULUSAN. Jurnal Keuangan & Bisnis, 3 (3).

[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh mahasiswa untuk memenangkan daya saing di dunia kerja. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, Instrumen utama interview guide bersifat terbuka dan terstruktur. Adapun hasil penelitian sebagai berikut mahasiswa kurang memiliki kemampuan berkomunikasi. Kemampuan komunikasi yang dimaksud meliputi berbicara, menulis, menyimak . Hal ini dapat disebabkan karena :a) Hambatan mahasiswa antara lain kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran (rendahnya motivasi belajar), 2)Kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki, 3)Kurangnya kemampuan dalam berpikir kritis dan analitis, 4) Kurangnya keberanian untuk berkomunikasi, 5) kurangnya kepercayaan diri, 6) kurangnya kreativitas dan inovasi.b)Hambatan pada dosen, pembelajaran ketrampilan berbicara belum dilakukan secara integratif dan memtode pembelajaran yang digunakan belum fokus pada mahasiswa. Abstract This study aims to determine the communication skills possessed by students to win a competitive edge in the world of work. This research includes descriptive studies, the main instrument is open interviews and structured guide. The following research results of students lack the ability to communicate. Communication skills may include speaking, writing, listening. This can be caused because: a) Barriers include lack of students interested in following the process of learning (lack of motivation to learn), 2) Lack of scientific knowledge, 3) Lack of skills in critical thinking and analytical, 4) lack of courage to communicate, 5 ) lack of confidence, 6) lack of creativity and inovasi.b) Constraints on the faculty, the learning skills of speaking has not been done in an integrated and used memtode learning has not focused on students.

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Muji Isambina
    Date Deposited: 24 Apr 2012 09:27
    Last Modified: 24 Apr 2012 09:27
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3040

    Actions (login required)

    View Item