ROADMAP IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT

Agus, Mulyanto (2011) ROADMAP IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT. Seminar Nasional Informatika 2009 (semnasIF 2009), - (33). E242-E248. ISSN 1979-2328

[img]
Preview
PDF (Tugas Kusus) - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB) | Preview

Abstract

Dalam konteks menjaga eksistensi organisasi, manajemen pengetahuan (Knowledge Management-KM) merupakan kebutuhan bagi setiap organisasi. KM sendiri sejatinya dapat diartikan sebagai sebuah tindakan sistematis untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mendistribusikan segenap pengetahuan yang relevan kepada setiap anggota organisasi tersebut, dengan tujuan meningkatkan daya saing organisasi. Ikujiro Nonaka membuat formulasi yang terkenal dengan sebutan SECI atau Knowledge Spiral. Konsepnya bahwa dalam siklus perjalanan kehidupan anggota organisasi, pengetahuan itu mengalami proses yang kalau digambarkan berbentuk spiral, proses itu disebut dengan Socialization - Externalization - Combination – Internalization. KM adalah kegiatan yang kompleks, dan implementasinya tidak dapat membawa dampak positif bagi organisasi jika tanpa perencanaan yang sempurna. Paper ini memperkenalkan metode perencanaan, yaitu 10-langkah knowledge management roadmap. Kesepuluh langkah tersebut adalah: 1) analisis keberadaan infrastruktur; 2). kesejajaran KM dan strategi bisnis; 3). desain infrastruktur KM; 4). audit keberadaan aset pengeathuan dan sistem; 5). desain tim KM; 6). membuat KM blueprint; 7). membangun sistem KM; 8). menggunakan metodologi yang tepat; 9). mengelola perubahan, budaya dan struktur reward; dan 10).evaluasi kinerja, mengukur return of investment. Kesepuluh langkah tersebut dikategorikan dalam empat fase, yaitu: 1). evaluasi infrastruktur; 2). analisis, desain dan pengembangan KM system; 3). sistem penyebaran dan 4).evaluasi. Diharapkan dengan memahami roadmap ini, organisasi akan menerapkan seluruh proses sebagai panduan tahapan strategi manajemen pengetahuan. Perubahan yang terjadi diharapkan berjalan secara soft sehingga tidak terjadi resistensi dari anggota organisasi, dan secara eksternal mampu meningkatkan keunggulan kompetitif.

Item Type: Article
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
600 Teknologi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Kontributor Telematika 1
Date Deposited: 27 May 2011 07:22
Last Modified: 28 Apr 2015 04:20
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item