STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL TUPPERWARE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif, Customer Sales Force Distributor Tupperware Kotabaru, Yogyakarta)

RENI, PRIYANTINI (2012) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL TUPPERWARE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif, Customer Sales Force Distributor Tupperware Kotabaru, Yogyakarta). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini, mengangkat tema strategi komunikasi Sales force Distributor Tupperware Kotabaru, Yogyakarta dengan judul “Strategi komunikasi interpersonal Tupperware dalam meningkatkan kepuasan pelanggan”. Strategi ini dijalankan oleh sales force dalam menjual dan mempromosikan produk Tupperware melalui sistem direct selling kepada pelanggan dengan menggunakan konsep penjualan home party karena kebanyakan kegiatan Tupperware dilakukan dengan aktifitas tatap muka. Dalam hal ini, sales force memegang peranan penting sebagai ujung tombak perusahaan yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan karena ini berimbas langsung pada citra dan keuntungan perusahaan di mata khalayak. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal sales force Tupperware dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengungkapan diri dengan menggunakan konsep teori Jendela Johari dan teori penetrasi sosial. Teori pengungkapan diri atau keterbukaan diri merupakan kegiatan membagi perasaan dan informasi kepada orang lain, teori ini lebih menekankan pada pengembangan hubungan yang berhubungan dengan komunikasi interpersonal dan teori penetrasi sosial mengenai proses peningkatan keterbukaan dan keakraban dalam suatu hubungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif, sehingga memperoleh hasil yang mendalam untuk mengetahui secara sistematis strategi komunikasi interpersonal Tupperware dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan oleh penulis secara langsung kepada narasumber yaitu Group Managing dan sales force dari PT. Sentosa Agung Suryatama. Pengujian validitas data, peneliti juga melakukan wawancara dengan pelanggan Tupperware yang berada di daerah Kyai mojo, Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh sales force dalam meningkatkan kepuasan pelanggan berjalan dengan baik karena ditemukan adanya hubungan yang baik antara sales force dan pelanggan mengenai informasi produk Tupperware, adanya rasa ketertarikan pelanggan dilihat dari bukti ditemukan adanya tanggapan positif dari pelanggan dan adanya rasa kepuasan dalam diri pelanggan, dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Tupperware PT. Sentosa Agung Suryatama. selain itu, strategi komunikasi interpersonal inilah yang menjadikan PT. Sentosa Agung Suryatama memperoleh pelanggan aktif atau member lebih dari 270 orang yang ikut bergabung menjadi sales force dan beberapa adanya penghargaan yang didapat, walaupun masih banyak orang beranggapan bahwa harga Tupperware masih relatif mahal namun dapat diatasi dengan baik melalui brosur Tupperware bulanan. Kenyataannya semakin banyak pelanggan tertarik menjadi member dan semakin banyak orang yang menggunakan produk Tupperware untuk kebutuhan sehari-hari.

    Item Type: Thesis (Undergraduate)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 13 Jun 2012 12:23
    Last Modified: 13 Jun 2012 12:23
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3195

    Actions (login required)

    View Item