Analisis tingkat layanan jasa trans jogja dengan menggunakan analisis kinerja-harapan dan performa importan matrik

susanta, santa Analisis tingkat layanan jasa trans jogja dengan menggunakan analisis kinerja-harapan dan performa importan matrik. Proceeding Industrial Engineering Conference. ISSN 978-979-96854-3-8

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Padatnya kendaraan bermotor di Jogja, diatasi oleh Pemerintah Daerah dengan mengeluarkan transportasi Bus Trans jogja. Harapanya dengan adanya transportasi public maka kemacetan lalulintas di Yogyakarta dapat diatasi. Meskipun jumlah penumpang semakin hari semakin bertambah Namun demikian keluhan masyarakat masih banyak mengemukan. Kesuksesan Trans Jogja dalam mengatasi kemacetan lalulintas sangat tergantung pada tingkat kepuasan konsumen atas kualitas layanan Trans Jogja. Alat analisis yang digunakan dapam peneltian ini adalah analisis tingkat kepuasan dengan membandingkan kinerja dengan harapan kemudian dikalikan dengan tingkat kepentingan, tabulasi freswensi, dan performaa importan matrik. Data dikumpulkan dari 100 responden yang dipilih dengan menggunakan samling aksidental. Hasil analisis kinerja-harapan menunjukkan bahwa dari seluruh atribut pelayanan memitiki skor negatif yang rendah artinya konsumen tidak puas namun ketidak puasan mereka hanya pada tingkat rendah. Hasil anafisi performs importan matrik menunjukkan pelayanan yang menyebabakan kepuasan konsumen adalah; jenis bus yang nyaman, perlengkapan dan peralatan, tampilan bus, jumlah bus, tampilan Halte bus, pakaian dan penampilan petugas, jenis bus yang digunakan sesuai kebutuhan, pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan, pelayanan yang akurat, sikap simpatik petugas dalam memberikan so/us/, Keterandalan bus Trans Jogja, Kesesuaian dengan jadwal pemberangkatan dan, kedatangan, akurasi prosedur pembayaran, kenyamanan dalam melakukan perjalanan, informasi kepastian kedatangan bus, pelayanan yang segera/cepat, kesediaan petugas membantu penumpang, kesanggupan petugas menanggapi setiap permintaan penumpang dengan cepat, dan perasaan aman ketika menggunakan jasa Trans Jogja. Item-item pelayanan yang menyebabkan ketidakpuasan kosumen adalah: perlengkapan dan peralatan halte, jumlah halte bus, fasilitas untuk kaum difabel, halte bus sesuai kebutuhan penumpang, akurasi prosedur pembayaran, kenyamanan dalam melakukan perjalanan, informasi kepastian kedatangan bus, pelayanan yang segera/cepat, kesediaan petugas membantu penumpang, kesanggupan petugas menanggapi setiap permintaan penumpang dengan cepat, perasaan aman ketika menggunakan jasa Trans Jogja, kesopanan petugas. Kata kunci: kinerja-harapan, periorma important matrix, Trans Jogja

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
    Depositing User: Drs. M.Si santa su
    Date Deposited: 28 Jun 2012 12:14
    Last Modified: 28 Jun 2012 12:14
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3274

    Actions (login required)

    View Item