Riset relationship marketing dalam pemasaran

susanta, santa Riset relationship marketing dalam pemasaran. Prosiding Tren Penelitian Administrasi Bisnis & Manajemen. ISSN ISBN: 978-602-203-305-9

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1117Kb) | Preview

    Abstract

    Landscape pemasaran telah berubah, perusahaan tidak lagi mengendalikan seluruh factor produksi, harapan pelanggan dan tekanan persaingan meningkat, pasar mulai jenuh sehingga. Inti dari persaingan sekarang adalah mempertahankan pelanggan disamping juga mengembangkannya. Penjelasan orientasi pemasaran dimana perusahaan memanipulasi bauran pemasaran untuk memuaskan pelanggan dan menciptakan keuntungan tidak lagi cukup. Dibutuhkan orientasi atau paradigm baru untuk menanggapi fenomena yang terjadi. Artikel ini bertujuan menggali berkembangan orientasi pemasaran dari dominasi produk sampai relationship marketing. Analisis dilakukan dengan melakukan kajian pustaka untuk mendapatkan gambaran perkembangan relationship marketing, teori yang mendukungnya, perkembangan penelitian relationship marketing dan varibel-varibel utamanya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa relationship marketing merupakan jawaban perubahan lanscape pemasaran, yang yang didukung oleh teori biaya transaksi, teori kekuasaan, teori ketergantungan sumber daya, teori pertukaran sosial, dan teori kontrak rasional. Penelitian relationship marketing dikategori menjadi tiga: business marketing relationship (BMR), interpersonal comercial relationship (ICR), dan Business-to-customer realtionship (B-to-C). Sedangkan variabel yang mendukung adalah kepercayaan, komitmen dan kepuasan Kata kunci: orientasi pemasaran, pemasaram transaksional, relationship marketing,

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
    Depositing User: Drs. M.Si santa su
    Date Deposited: 28 Jun 2012 12:14
    Last Modified: 28 Jun 2012 12:14
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3276

    Actions (login required)

    View Item