Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Flow Musik Studio Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman.

HERMAWAN., HUMARDITYA NORMA (2012) Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Flow Musik Studio Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] PDF
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAKSI HUMARDITYA NORMA HERMAWAN. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Flow Musik Studio Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. (Dibimbing oleh SRI HARJANTI, SE, M.Si. dan HASA NURROHIM K. P., SE, M.Si) Di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman sendiri sekarang persaingan bisnis di bidang rental studio musik cukup ketat. Persaingan yang ketat ini dikarenakan banyaknya penyedia jasa rental studio musik di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan di Flow Musik Studio, rental studio musik yang beralamat di Perumahan Sawitsari Blok 1 Nomor 1 Condongcatur, Depok, Sleman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merk terhadap loyalitas konsumen Flow musik studio di kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Citra merk terdiri dari perhatian citra perusahaan, citra produk, dan citra pengguna. Loyalitas konsumen terdiri dari 3 indikator, yaitu repeat purchase, retention, referrals. Penelitian ini menggunakan metode survai. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah memakai jasa sewa Flow musik studio. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian band yang pernah menggunakan jasa sewa Flow musik studio, yang berjumlah 100. Skala pengukuran variabel menggunaka skala likert karena skala ini mudah dipakai untuk penelitian yang terfokus pada responden dan obyeknya. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa citra merk (X) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (Y) Flow Musik Studio di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, dengan t statistik diperoleh t sebesar 7,229 dan probabilitas t (p) = 0,007 pada taraf. Karena t (p) < 0,05 (0,007 < 0,05) maka H0 tidak didukung dan sebaliknya H1 didukung. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1,433 + 0,706 X. Pada persamaan ini, nilai konstanta diperoleh sebesar 1,433 (positif) yang berarti bahwa jika skor pada kedua variabel citra merk sama dengan nol maka loyalitas konsumen akan sebesar 1,433. Koefisien regresi citra merk pada persamaan di atas diperoleh sebesar 0,706 (positif) yang berarti bahwa apabila skor pada variabel citra merk meningkat maka loyalitas konsumen akan meningkat dan sebaliknya apabila skor variabel citra merk turun maka loyalitas konsumen akan turun. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,348 berarti sekitar 34,8% variasi pada variabel loyalitas konsumen mampu diterangkan oleh citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra produk, dan citra pengguna. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 65,2% diterangkan oleh variasi lain di luar model. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen Flow Musik Studio di kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Kata kunci: citra merek, loyalitas konsumen, regresi linier sederhana.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Sri Lestari
    Date Deposited: 30 Jul 2012 15:01
    Last Modified: 30 Jul 2012 15:01
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3378

    Actions (login required)

    View Item