PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KAMPUNG GORONGAN YOGYAKARTA

WAHYUNIATI, NINIK (2012) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KAMPUNG GORONGAN YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (83Kb) | Preview

    Abstract

    Komunikasi interpersonal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering terjadi didalam keluarga antara orangtua dengan anak, salah satu tujuan dari komunikasi interpersonal adalah mengungkapkan perhatian kepada oranglain, menemukan diri sendiri, menemukan dunia luar, membangun dan memelihara hubungan yang harmonis, mempengaruhi sikap dan tingkah laku, mencari kesenangan atau sekedar menghabiskan waktu, meghilangkan kerugian akibat salah komunikasi, serta memberikan bantuan. Permasalah yang ada adalah bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal orangtua terhadap motivasi minat belajar anak. Kerangka teori yang digunakan adalah teori Motivasi Kebutuhan, teori Atribusi dan teori Komunikasi Interpersonal. Penentuan sample dengan menggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 50 responden atau 50 kepala keluarga. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, pengumpulan data yang paling utama adalah dengan cara menyusun kuesioner yang kemuadian diolah menggunakan programa SPSS versi 15 for windows dengan teknik analisis Product Moment dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa ada pengaruh positif dan pengaruh cukup berarti antara komunikasi interpersonal, yang dilakukan orangtua dan anak dengan motivasi minat belajar anak di kampung Gorongan Yogyakarta. Terbukti dengan koefisien relasi atau r besar 0,549 lebih besar dari nilai r tabel. Artinya semakin baik komunikasi interpersonal yang dilakukan orangtua dengan anak, maka semakin tinggi motivasi minat belajar anak. Selain itu dapat diketahui pula bahwa komunikasi interpersonal orangtua dengan anak sebesar 30,2% terhadap motivasi minat belajar anak. Artinya, komunikasi interpersonal antara orangtua dengan anak bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi motivasi minat belajar anak, masih ada 69,8% faktor lain yang berpengaruh di luar penelitian ini. Dari hasil pengamatan penulis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi minat belajar anak antara lain lingkungan sekitar anak yang membawa pengaruh positif pada anak dan psikologis anak atau komunikasi intrapersonal pada anak. Jadi dapat dibuktikan bahwa ada hubungan positif dan pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal, yang dilakukan orangtua dan anak dengan motivasi minta belajar anak, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kepada peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi motivasi minat belajar anak. xv ABSTRACT An interpersonal communication is one of communication forms occured between parents and their children in a family. Some goals of interpersonal communication are expressing care to other person in that family, finding self, finding world outside, bulding and preserving harmonious relations, affecting attitude and behavior, seeking for pleasure or spending time only, omitting disadvantages of miss-communication, and giving help. The existing problems are how does the influence of interpersonal communication between parents and their children in motivating those chlidren’s learning interest. Theoritical formulation of this research was using Motivational Need Theory, Attribution Theory, and Interpersonal Communication Theory. Sample determination used Non Probability Sampling within Slovin’s formula and from this activitiy gained 50 respondents or 50 head of households. This research used a quantitative analysis and the main way for data collecting was by arranging questionnaires and then results from the questionnaires were processed by using SPSS version 15 for windows Program within analitical techniques were using Product Moment and simple linear regression. The result shows that there is a positive fairly meaningful influence between interpersonal communication and learning interest motivation of parents and their children at Gorongan Village Yogyakarta. It is proven from the relation coefficient value or r of 0.549 which is higher than r table value. It means that the better the interpersonal communication between parents and their children the higher the children’s learning interest motivation. Beside that, it can also be known that interpersonal communication between parents and their children contributes 30.2% of children’s learning interest motivation. This shows that interpersonal communication between parents and their chlidren is not the only factor which influences children’s learning interest motivation because there are still 69.8% of other factors which are influencing it outside of this research. From result of the research then can be concluded that factors infulence children’s learning interest motivation some of them are the surrounding environment which influences children’s learning interest motivation that brings a positive influence to the children and also the psychical matter of those children or interpersonal communication from the children. So, can be proven that there is a positive relationship and a significant influence between interpersonal communication done by he parents and their children for children’s learning interest motivation so the hypothesis is accepted. To the next researcher, the researcher suggests that she is suggested to do research ot know other factors that influence children’s learning interest motivation.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Darsini Darsini
    Date Deposited: 10 Jul 2012 11:34
    Last Modified: 10 Jul 2012 11:34
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3389

    Actions (login required)

    View Item