PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION, BRAND PERSONALITY, DAN PRODUCT CHARACTERISTICS TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Iklan Shampo Clear di Sleman, DIY)

AFANDI, IKSAN (2012) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION, BRAND PERSONALITY, DAN PRODUCT CHARACTERISTICS TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Iklan Shampo Clear di Sleman, DIY). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (232Kb) | Preview

    Abstract

    Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan membuat perusahaan yang ingin tetap berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus bisa bersaing dengan para kompetitornya. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan promosi. Promosi dilakukan dengan media periklanan yang menggunakan celebrity endorser untuk mendukung kampanye iklan melalui media elektronik. Dengan menggunakan banyak selebriti sebagai celebrity endorser, diharapkan dapat membangun brand association sehingga membuat konsumen selalu mengingat merek Clear kapanpun dan dimanapun. Asosiasi merek yang dibentuk melalui brand personality dari produk Clear sebagai produk shampoo anti ketombe yang inspiratif sehingga diharapkan dapat mempengaruhi minat beli konsumen dan membangun kesamaan produk dengan diri konsumen. Apakah celebrity endorser, brand association, brand personality, product characteristics berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian konsumen? Obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melihat iklan shampoo Clear. Teknik penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan yaitu konsumen yang melihat iklan shampoo Clear dan menggunakan shampoo Clear Celebrity endorser mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap niat pembelian konsumen pengguna shampoo Clear. Sedangkan brand association, brand personality, dan product characteristics mempunyai pengaruh signifikan terhadap niat pembelian konsumen pengguna shampoo Clear. Keyword : celebrity endorser, brand association, brand personality, product characteristics, niat pembelian

    Item Type: Thesis (Undergraduate)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ratna Sufiatin
    Date Deposited: 12 Jul 2012 13:39
    Last Modified: 12 Jul 2012 13:39
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3427

    Actions (login required)

    View Item